26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Pimpin Sertijab, Kapolda Papua Barat Ucapkan Selamat dan Harapan ke Empat Kapolres Baru

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Daniel T. M. Silitonga, memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) empat Kapolres di jajaran Polda Papua Barat, Rabu (12/7/2023), di Gedung Arfak Convention Hall Mapolda Papua Barat. Keempatnya yakni, Kapolres Teluk Bintuni, Kapolres Sorong Selatan, Kapolres Maybrat, dan Kapolres Manokwari Selatan.

    AKBP Junov Siregar, yang sebelumnya menjabat Kapolres Teluk Bintuni, digantikan AKBP Choirudin Wahid, yang sebelumnya menjabat Kapolres Sorong Selatan. Sementara itu, Junov Siregar akan menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Papua Barat.

    Kemudian, AKBP Gleen Rooi Molle mengambil alih jabatan Kapolres Sorong Selatan yang sebelumnya dijabat Choirudin Wahid. Kemudian, jabatan Kapolres Maybrat diserahkan kepada Kompol Ruben Obed Kabarek, orang asli Papua (OAP) yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Ops Polres Teluk Bintuni.

    Baca juga:  Jaga Kondusivitas Ramadan, Polres Kaimana Sebar Personel ke 20 Masjid

    Lalu, AKBP Tolopan Tombak Simanjuntak, Kapolres Manokwari Selatan, digantikan AKBP Eliyantoro Jalmav, yang sebelumnya menjabat sebagai Kayanma Polda Papua Barat. Tolopan akan menjabat sebagai Kabagbin ops Biro Ops Polda Papua Barat.

    “Hari ini, beberapa Kapolres melakukan serah terima jabatan. Saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres yang mendapatkan kenaikan jabatan,” kata Daniel.

    Daniel juga memberikan ucapan selamat kepada AKBP Junov Siregar atas promosinya sebagai Wakil Direktur Ditresnarkoba Polda Papua Barat. Ia menyatakan bahwa sebenarnya ingin mempertahankan Junov sebagai Kapolres Teluk Bintuni, tetapi perlu adanya penyegaran dalam sebuah organisasi.

    Kepada Choirudin Wahid, Daniel berharap agar prestasi yang diraih selama memimpin Kapolres Sorong Selatan dapat dikembangkan di tempat tugas baru.

    Baca juga:  Polda Papua Barat Selamatkan Kerugian Negara Rp1,5 M, Ada dari Pungli PCR

    “Choirudin, saya berharap prestasi yang kamu raih di Sorong Selatan tetap dapat kamu lakukan di Teluk Bintuni. Ancaman khusus di Wilayah Moskona Teluk Bintuni tetap menjadi perhatian,” ungkapnya.

    Daniel juga memberikan harapan serupa kepada Glen Molle, mantan Kapolres Maybrat yang kini bertugas di Kabupaten Sorong Selatan.

    “Glen Molle, apa yang telah dilakukan Choirudin tetap harus kamu lakukan. Kamu dan Choirudin harus bekerja sama agar masyarakat di Maybrat, Sorong Selatan, dan Bintuni dapat merasakan kehadiran pemerintah di sana,” tuturnya.

    Daniel mengungkapkan meragukan penunjukan Kompol Kabarek sebagai Kapolres di Maybrat, tetapi setelah mendapat masukan, ia sangat berharap kepada mantan Kabag Ops Polres Teluk Bintuni itu. Ruben Obed Kabarek, yang merupakan perwira polisi OAP, diberikan kepercayaan untuk memimpin Maybrat Papua Barat Daya.

    Baca juga:  Tok! DPR Papua Barat dan Pemprov Setujui 21 Ranperda TA 2022

    “Saat menunjuk kamu, saya awalnya ragu. Tetapi, para PJU memberikan banyak suara mendukungmu dan saya menerimanya. Saya menunggu apa yang akan kamu lakukan. Sebagai orang asli Papua, kehadiranmu di Maybrat harus memberikan layanan dan sentuhan yang berbeda, terutama bagi orang asli Papua,” pesannya.

    Ia juga mengingatkan AKBP Tolopan Tombak Simanjuntak, mantan Kapolres Manokwari Selatan, agar terus melakukan perbaikan selama bertugas di tempat tugas baru.

    “Riantoro, ambil pelajaran dari ini. Perbaiki semua yang ada, lakukan restorasi, dan hidupkan kembali manajemen Polres yang benar,” tuturnya.

    Upacara serah terima jabatan keempat Kapolres tersebut dihadiri pejabat utama Polda Papua Barat. (*/Red)

    Latest articles

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat periode 2024-2029 terus mengalir. Kali ini datang dari Dewan Adat...

    More like this

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung...