Sabtu, November 27, 2021
28.8 C
Manokwari
28.8 C
Manokwari
Sabtu, November 27, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

143,796
Total Kematian
Updated on Saturday, 27 November 2021, 15:07 3:07 pm
8,093
Total Kasus Aktif
Updated on Saturday, 27 November 2021, 15:07 3:07 pm
4,255,268
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Saturday, 27 November 2021, 15:07 3:07 pm

Beri Kuliah Umum di UMS, Irjen Tornagogo Sentil Unjuk Rasa tak Ada Solusi

SORONG, Linkpapua.com – Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing tampil memberi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Sorong (UMS), Selasa (16/11/2021). Ia menyinggung soal unjuk rasa yang kerap hanya berisi kritik tapi tak memberi solusi.

Tornagogo memandang, mahasiswa saat ini adalah generasi emas milenial. Mereka adalah agen perubahan yang akan membawa Indonesia ke masa depan.

“2045 adalah generasi emas Indonesia. Kalianlah yang akan menjadi pemimpinnya. Maka tentukan konsep dari sekarang, karena bisa terjadi sebaliknya jika langkah dan arah yang baik dari kalian tidak ditentukan dari sekarang,” ujar Tornagogo.

Ia kemudian menyinggung soal peran mahasiswa di era modern. Tornagogo menyebut mahasiswa kerap dijadikan objek dari sebuah kegiatan unjuk rasa yang kemudian hanya memberikan kritik tanpa solusi.

“Unjuk rasa itu diperbolehkan, tapi unjuk rasa jangan keseringan, apalagi unjuk rasa anarkis. Kalian boleh mengoreksi karena bagian dari agen perubahan. Tapi berikan juga solusi karena tidak ada gunanya mengoreksi tanpa solusi,” ungkapnya.

Tornagogo meyakini itu karena pernah menjadi bagian dari seorang mahasiswa. Itu sebabnya, dia meminta mahasiswa untuk menjadi seorang agen perubahan yang produktif.

Sebab lanjut ia mengatakan, ilmu yang didapati seorang mahasiswa belum sepenuhnya diterima dengan utuh.

“Banyak yang harus kalian pelajari. Dan ingat, ilmu yang kalian terima itu bukan untuk menentang, tapi bagaimana ilmu itu dijadikan kolaborasi untuk membawa perubahan dan menjadi bagian dari solusi,” pesannya, sembari meminta kepada mahasiswa untuk tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkotika dan miras.

“Ini tantangan fisik pemuda di Papua Barat, yakni penyalahgunaan narkotika dan miras. Jika ini terjadi, maka generasi emas Papua Barat akan rusak di masanya,” tambahnya.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi mengatakan kuliah umum dari Kapolda Papua Barat kepada mahasiswa UMS Sorong adalah bentuk motivasi bagi generasi muda.

“Bapak Kapolda melaksanakan kuliah umum kepada mahasiswa UMS Sorong, beliau memberikan motivasi semangat kepada generasi emas Papua Barat di sela-sela kegiatan peninjauan vaksinasi massal di Sorong,” ungkap Kabid Humas. (*)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here