27.5 C
Manokwari
Senin, Mei 27, 2024
27.5 C
Manokwari
More

    Kapolda PB Ingatkan Anggota Bhayangkari Tingkatkan Kapasitas Literasi Media

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Anggota Bhayangkari se-Papua Barat diminta untuk meningkatkan kapasitas literasi media agar tidak salah dalam mengonsumsi sebuah konten.

    Hal ini disampaikan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing, Rabu (17/11/2021) di acara Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa yang digagas Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

    Tornagogo mengatakan dengan meningkatkan kapasitas literasi, anggota Bhayangkari akan mampu bersikap kritis terhadap siaran televisi dan radio.

    Baca juga:  Eks Ajudan Presiden Jokowi Jabat Kapolda Papua Barat

    “Kekritisan itu akan membuat anggota Bhayangkari dapat memilah dan memilih konten media yang baik untuk didengar dan ditonton,” ungkapnya.

    Menurutnya, eksistensi kebudayaan di provinsi ini merupakan manifestasi dari orisinalitas kebudayaan yang hidup dengan keberlangsungan tradisi dan budaya yang selama ini dilihat dan dialami. Selain itu, nilai religiusitas, kebersamaan, saling memaafkan, kepercayaan dan persaudaraan yang menjunjung tinggi kearifan lokal juga merupakan unsur perekat dan modal sosial dalam bermasyarakat.

    Baca juga:  Penghubung KY Wilayah Papua Barat Sinergi PWI Awasi Hakim

    “Ini salah satu sisi yang layak tersosialisasikan dalam konten televisi dan radio, guna meningkatkan ketahanan informasi di masyarakat dalam era perkembangan digital saat ini,” ungkapnya.

    Sementara itu, Ketua Bhayangkari Papua Barat, Ny Martha Tornagogo Sihombing, berharap kemajuan teknologi informasi termasuk teknologi penyiaran, dapat diiringi dengan kemampuan literasi.

    Baca juga:  Tim Ditreskrimsus Polda Papua Barat Tangkap Tiga Pelaku Kejahatan Cyber di Makassar

    “Perkembangan teknologi dan mudahnya masyarakat mengakses informasi, harus didukung dengan kemampuan literasi, agar dapat terhindar diri dari konten seperti hoax, pornografi dan kekerasan,” tambahnya.

    Sehingga dengan gerakan literasi ini, diharapkan anggota Bhayangkari bisa konsisten menetapkan pilihan personalnya pada program siaran yang mengedukasi. (LP3/Red)

    Latest articles

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW, yang telah lama masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) asal...

    More like this

    Tersangka Korupsi Dinas Perumahan Papua Barat Ditangkap Tim Tabur di Bantaeng  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi Papua Barat berhasil menangkap tersangka DAW,...

    Pekan Imunisasi Polio 2024, Papua Barat Targetkan 85.718 Anak

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat, Siti Mardiana Temongmere, menghadiri...

    Pemekaran 203 Kampung di Pegaf Papua Barat Masuk Tahap Akhir

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Asisten I Setda Papua Barat, Oktavianus Mayor, menyampaikan pemekaran calon kampung...