Rabu, Agustus 4, 2021
27.5 C
Manokwari
27.5 C
Manokwari
Rabu, Agustus 4, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

98,889
Total Kematian
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 14:37 2:37 pm
524,142
Total Kasus Aktif
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 14:37 2:37 pm
3,496,700
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 14:37 2:37 pm

Bantu UKM Makin Berdaya Saing, Diskop UKM Papua Barat Gelar Bimtek

WAISAI, Linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua barat melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dikop UKM), menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengolahan produk ikan bagi UKM binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Selasa (29/6/2021).

PLUT adalah lembaga di bawah koordinasi Dinas Koperasi dan UKM yang memberikan pendampingan dan pemberdayaan kepada koperasi dan usaha kecil secara komprehensif dam terpadu untuk peningkatan produksi, produktivitas, nilai tambah, dan daya saing.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, diwakili Sekretaris Daerah Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, membuka kegiatan.

Dia menyampaikan, “Perlu kita ketahui bersama bahwa perlu adanya upaya konkret dari semua baik pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, dan seluruh stakeholder dalam rangka memajukan pengusaha kecil asli Papua untuk lebih mandiri dan berkembang.”

Sumber daya manusia (SDM) serta dukungan operasional, kata dia, menjadi faktor yang paling penting menjadi perhatian kita bersama.

Pada tahun ini Pemprov Papua barat memberikan dukungan operasional bagi UKM yang terkena dampak pandemi. Diberikan dalam bentuk bantuan hibah berupa dana stimulan bagi UKM di beberapa kabupaten/kota, yakni Kabupaten Manokwari, Kota Sorong, Kabupaten Sorsel, Kabupaten Teluk Wondama. Bantuan terdiri dari bantuan tangan kasih (UKM informal dan nonformal).

Dalam kesempatan ini juga diminta kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti kegiatan secara serius. Apabila ada hal-hal yang tidak dipahami atau permasalahan-permasalahan di lapangan dapat ditanyakan atau didiskusikan kepada narasumber sehingga dapat dicarikan solusi,

Banyaknya permasalahan yang ditemui dalam memasarkan produk olahan pangan, melalui bimtek ini diharapkan para peserta yang sebagian besar adalah UKM asli Papua dan memiliki usaha pengolahan produk makanan, dapat menyimak materi yang diberikan sehingga tujuan kegiatan ini dapat tercapai, yaitu para UKM dapat menghasilkan produk pangan yang bermutu.

Dengan adanya kegiatan seperti ini secara kontinuitas diharapkan akan dapat memberikan dampak secara langsung bagi perkembangan UKM di Papua barat khususnya di Raja Ampat.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Djalali, S.sos, Kadis Koperasi UKM, Ria Siti Nurulia Umlati, S.sos.

Narasumber dihadirkan, yakni dosen Universitas Negeri Papua, Paulus Auri, serta Kepala Bidang dan Kelembagaan Pemberdayaan Koperasi, Dinas Koperasi dan UKM Papua Barat. (LP8/red)

Latest news