26.4 C
Manokwari
Selasa, Juni 18, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Warga Sambut Baik Sosialisasi Pencegahan DBD di Kampung Bouw

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dinas Kesehatan Papua Barat dan Dinas Kesehatan Manokwari memberikan sosialisasi bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD)bagi warga RT 2/RW 2 Kampung Bouw Kelurahan Manokwari Barat. Kegiatan yang digelar Jumat (12/1/2024) tersebut disambut baik oleh masyarakat.

    Ketua RT 2/RW 2 Kelurahan Manokwari Barat Eduard Rumainum mengatakan masyarakat antusias karena pencegahan DBD perlu dilakukan agar tidak jatuh korban.”Masyarakat mendukung sosialisasi ini. Nantinya informasi yang didapatkan akan disampaikan pada warga yang tidak ikut. Apalagi diwilayah kami ini sempat ada korban jiwa akibat DBD,”ujar dia.

    Baca juga:  Respons SE Kemenkes, Pemkab Manokwari Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Covid-19

    Kabid P2P Dinas Kesehatan Papua Barat yang juga sebagai pemateri dr Nurmawati dalam kesempatan tersebut menjelaskan langkah antisipasi kususnya dalam menjaga lingkungan dari bahaya nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi penyebab DBD.

    Baca juga:  5 DPC PPP Muscab Serentak Hari ini, Konsolidasi Menuju 2024

    “Nyamuk Aedes Aegypti sangat berbahaya dan hidup pada tempat yang terdapat air. Sehingga masyarakat harus menjaga lingkungan dengan menerapkan 3 M plus. Jika ada warga yang terkena DBD maka harus ditelusuri sumber nyamuk yang mengigit. Agar tidak semakin menyebarkan DBD,”ujarnya.

    Baca juga:  Pemprov dan DPR Papua Barat Siap Bahas Rancangan KUA-PPAS APBD-P 2023

    Dalam kesempatan tersebut juga dibentuk 1 rumah 1 Juru Pemantau Jentik (Jumantik). Dengan langkah dianggap efektif mencegah berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti.

    “Dengan adanya Jumantik disetiap rumah maka menjadi deteksi dini jentik nyamuk yang ada disekitar. Karena jika harus dilakukan fogging memiliki dampak yang luas,”tambah dia.(LP3/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan...

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama ribuan jemaah di lapangan Kodim 1801/Manokwari, Senin...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan Keteladanan Nabi Ibrahim

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445...

    Kurban di Masjid Nurul Qolbi Manokwari, Momen Pererat Silaturahmi Umat Beragama

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Jemaah Masjid Nurul Qolbi Amban Permai, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, melaksanakan...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Alumni Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Manokwari menyalurkan hewan kurban berupa sapi di sekolah...