25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    Umat Muslim Amban Salat Id di Masjid Darululum, Kurban 16 Sapi-2 Kambing

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Umat muslim di Kelurahan Amban dan sekitarnya, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, melaksanakan salat Idul Adha, Senin (17/6/2024), di Masjid Darululum Amban.

    Pelaksanaan salat dua rakaat ini diimami Muchtarom dan dilanjutkan dengan khutbah Idul Adha oleh Ali Mustafa yang mengambil tema Keteladanan Nabi Ismail as. Dalam khutbahnya, Ali mengajak umat muslim untuk mengambil hikmah dari ketaatan Nabi Ibrahim as dan Nabi Ismail as kepada perintah Allah Swt.

    Baca juga:  PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang Lagi, Kabupaten Sorong Satu-satunya Level 2

    “Perintah Allah kepada Ibrahim as adalah bentuk ujian untuk melihat ketakwaannya kepada Allah, maka dimintalah untuk menyembelih anaknya Ismail yang paling dicintainya,” ujarnya.

    Setelah melaksanakan salat, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Achmad Taher, pengurus Masjid Darululum Amban menyampaikan bahwa penyembelihan hewan kurban akan dimulai pukul 09.00 WIT.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Distribusikan 45 Sapi Kurban ke Enam Kabupaten

    “Setelah melaksanakan salat Idul Adha, maka akan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban tepatnya jam 9 WIT,” katanya.

    Achmad juga melaporkan bahwa Masjid Darululum Amban memperoleh 16 ekor sapi dan 2 ekor kambing untuk kurban tahun ini. Rinciannya adalah 10 ekor sapi dari kelompok, 5 ekor sapi perorangan, 1 ekor sapi sumbangan Bupati Manokwari, dan 2 ekor kambing dari perorangan.

    “Jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya mendapat 14 ekor sapi, tahun ini terjadi peningkatan dengan perolehan 16 ekor sapi dan 2 ekor kambing,” ungkapnya.

    Baca juga:  2020 Lakalantas di Bintuni Naik, Tahun ini Fokus Tindak Pengendara Mabuk

    Untuk pembagian hewan kurban, data telah divalidasi berdasarkan data tahun lalu dengan total penerima sebanyak 886 keluarga, mahasiswa, dan pekerja. Masing-masing penerima mendapatkan 1 kg daging bersih ditambah rusuk dan tulang sehingga total perolehan mencapai lebih dari 2 kg. (LP14/red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...