25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan Keteladanan Nabi Ibrahim

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama ribuan jemaah di lapangan Kodim 1801/Manokwari, Senin (17/6/2024). Ali Baham bertindak sebagai khatib.

    Sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Papua Barat dan Pemkab Manokwari juga turut berbaur dengan jemaah.

    Dalam khotbahnya, Ali Baham mengajak untuk meneladani karakter Nabi Ibrahim as yang sejak muda mempertahankan nilai-nilai kebenaran, tidak membiarkan kebatilan, dan selalu dalam ketakwaan kepada Allah Swt.

    Baca juga:  Tak Buka Penjaringan, PKS Papua Barat Dukung DoaMu di Pilkada 2024

    “Dalam menjalani kehidupan kita sekarang, banyak ditemui orang yang tidak mampu mempertahankan ketakwaan dalam ibadahnya dan tidak istikamah dalam menjalankannya,” ujarnya.

    Ia juga menyampaikan bahwa Nabi Ibrahim as dan keluarganya selalu berbaik sangka, baik kepada Allah Swt, diri sendiri, maupun orang lain.

    Hal lain yang disampaikannya adalah pentingnya menghidupkan suasana dialogis dalam keluarga dan lingkungan masyarakat.

    Baca juga:  Baznas Teluk Bintuni-MUI Gelar Rapat Penentuan Zakat, ini Poin yang Dihasilkan

    “Selanjutnya, pelajaran dari Nabi Ibrahim adalah memiliki ketajaman hati. Banyak orang yang hatinya tumpul sehingga tidak mengerti isyarat yang Allah berikan,” ucapnya.

    Ali Baham menambahkan larangan dan perintah dari Allah Swt tidak selalu harus disampaikan secara terang-terangan, tetapi bisa melalui isyarat. Ia berpesan agar jemaah dapat mencontoh Nabi Ibrahim as dalam menjalankan hidup.

    Di akhir khotbahnya, Ali Baham mengajak untuk menjaga kebersamaan dan solidaritas dalam negara tercinta. Umat Islam, kata dia, harus menjadi penguat, pemersatu, dan rahmat bagi banyak orang.

    Baca juga:  Akhir Januari, Pj Gubernur Ali Baham Laporkan Hasil Kinerja ke Kemendagri

    Setelah saat id, dilakukan pemotongan hewan kurban. Ali Baham mengimbau agar daging kurban tidak hanya dimakan sendiri, tetapi juga dibagikan kepada keluarga terdekat tanpa memandang agama.

    “Inilah barangkali rasa peduli sosial kita bahwa wujud Islam sebagai rahmat sekalian untuk semua manusia,” tuturnya. (LP14/red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...