25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    Kurban di Masjid Nurul Qolbi Manokwari, Momen Pererat Silaturahmi Umat Beragama

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Jemaah Masjid Nurul Qolbi Amban Permai, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, melaksanakan pemotongan hewan kurban usai pelaksanaan salat Idul Adha, Senin (17/6/2024).

    Usai salat id, jemaah berbondong-bondong mendatangi masjid untuk melakukan penyembelihan hewan kurban. Tahun ini, Masjid Nurul Qolbi memperoleh empat ekor sapi kurban yang semuanya merupakan hasil kurban per kelompok dari jemaah masjid.

    Ketua panitia kurban, Siregar, menyampaikan perolehan hewan kurban tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu yang mencapai delapan ekor sapi.

    Baca juga:  Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    “Kita tetap bersyukur tahun ini bisa memotong empat ekor sapi dan diharapkan dapat dibagikan ke jemaah dan masyarakat yang berhak mendapatkannya,” katanya.

    Siregar juga menegaskan kurban ini menjadi wadah untuk menjaga dan mempererat hubungan silaturahmi antara umat muslim dan non-muslim.

    Baca juga:  Peduli Daerah, Pengusaha Regina Serahkan Mesin Potong Rumput untuk Kampung Persiapan Rouw-Rouw

    “Walaupun kita hanya dapat empat ekor, itu tidak jadi masalah. Kita akan potong empat ekor sapi dan kita bagikan secara rata. Yang terpenting adalah silaturahmi kita tetap terjaga,” tegasnya.

    Hal serupa disampaikan ketua takmir masjid, Heru Joko, yang menyampaikan bahwa momen kurban ini diharapkan dapat menjaga hubungan silaturahmi dan meningkatkan ibadah kepada Allah Swt. Menurutnya, hakikat kurban adalah untuk semakin meningkatkan ibadah dan ketakwaan kepada Allah Swt.

    Baca juga:  Jelang Lebaran Iduladha, DPRD Papua Barat Minta Waspada Penyebaran PMK

    “Semoga dengan hari raya kurban ini keimanan dan ketakwaan kita semakin meningkat serta para orang tua bisa mendidik anaknya sebagaimana yang dicontohkan Nabi Ibrahim as,” tuturnya.

    Heru juga berharap agar daging kurban dibagikan merata dan habis tanpa ada yang tersisa sehingga semua pihak mendapatkan keadilan dan ketenangan. (LP14/red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...