26.3 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Rakor Tim PORA, Kakanim Manokwari Tegaskan Hanya Orang Asing Bermanfaat Bisa Masuk

    Published on

    TELUK BINTUNI, Linkpapua.com – Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I Non TPI Manokwari, Iman Teguh Adianto, menegaskan bahwa hanya orang asing yang bermanfaat dan tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum dapat masuk ke wilayah Indonesia.

    Iman menyampaikan itu saat rapat koordinasi (rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) 2022 oleh Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Manokwari bersama instansi dan lembaga terkait di lingkup Kabupaten Teluk Bintuni. Kegiatan berlangsung di salah satu hotel di Teluk Bintuni, Rabu (28/9/2022).

    Baca juga:  Ratusan BKO TNI-AD di Papua Barat Mulai Digeser Ke Daerah

    Iman mengatakan, lalu lintas warga negara asing (WNA) yang keluar dan masuk wilayah Indonesia harus disikapi dengan meningkatkan kewaspadaan akan dampak negatif.

    Dampak yang dimaksud di antaranya berupa kejahatan lintas negara terorganisir (transnational organized crimes), seperti perdagangan wanita dan anak (women and child trafficking), penyelundupan manusia (people smuggling), pencucian uang (money laundry), narkotika dan obat-obatan terlarang, imigran ilegal, illegai fishing, hingga terorisme.

    Kemunculan wabah pandemi Covid-19, kata dia, menjadi fenomena tersendiri dan telah memberikan banyak pengaruh pada segala aspek kehidupan, salah satunya dalam melakukan pengawasan keimigrasian. Berbagai peraturan keimigrasian pun diterbitkan. Hal ini merupakan langkah konkret sebagai implementasi kebanyakan keimigrasian selective policy.

    Baca juga:  Setelah 12 Jam, Warga Akhirnya Buka Blokade Jalan Menuju Bandara Rendani

    “Di mana hanya orang asing yang bermanfaat dan tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum yang dapat masuk ke wilayah Indonesia,” kata Iman.

    Iman melanjutkan, perlu penguatan pelaksanaan fungsi pengawasan dan penegakan hukum yang dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

    Baca juga:  Masih Banyak Pelanggar, Operasi Zebra di Teluk Bintuni akan Dialihkan Malam Hari

    Persoalan orang asing, kata dia, bukan hanya merupakan persoalan keimigrasian semata, tetapi menjadi persoalan politik dan sosial dalam kehidupan masyarakat di Indonesia.

    Dengan adanya Tim PORA, menjadi sarana dan wadah bagi bersama untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan serta memberikan saran maupun pertimbangan.

    Kegiatan ini diikuti 17 anggota yang terdiri atas institusi di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Papua Barat instansi terkait di Teluk Bintuni. (LP5/Red)

    Latest articles

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani. Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat...

    More like this

    Yayasan Kasih Rumbai Koteka Apresiasi Dukungan Kapolda PB di Bidang Pendidikan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Yohanis...

    Lagi, Polres Teluk Bintuni Panen Raya di Kebun Bhayangkari 

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com-Kapolres Teluk Bintuni AKBP Choiruddin Wachid menghadiri panen raya jagung di kebun Bhayangkari...

    Polres Teluk Bintuni Panen Perdana Jagung, Hasilnya Dibagikan ke Masyarakat

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni melakukan panen jagung di kebun Bhayangkari, Senin (5/4/2024). Ini merupakan...