27.3 C
Manokwari
Selasa, Juli 23, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Ratusan BKO TNI-AD di Papua Barat Mulai Digeser Ke Daerah

    Published on

    Manokwari–Sebanyak 140 anggota satuan pasukan bawah kendali operasi (BKO) TNI Angkatan Darat yang didatangkan dari sejumlah Kodam ke Provinsi Papua Barat mulai digeser ke sejumlah daerah.

    Kepala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari/Papua Barat, Kolonel Kav Zubaedi S.Sos menyebutkan, pergeseran dilakukan secara bertahap pada 29 hingga 31 Juli 2020.

    “Dari seluruh anggota Satuan BKO, sudah ada 140 orang yang siap diberangkatkan. Mereka akan digeser dan ditempatkan ke kodim difinitif dan beberapa kodim persiapan,” kata Kolonel Zubaedi.

    Selanjutnya, sebut Kapendam, masih ada aebanyak 235 personel yang menunggu waktu pemberangkatan.

    TNI AD pada Juni 2020 mendatangkan sebanyak 411 pesukan BKO untuk mendorong pembentukan Kodim dan Koramil di sejumlah daerah Provinsi Papua Barat. Mereka tiba secara bertahap di Manokwari dari 28 Juni hingga 2 Juli 2020.

    Baca juga:  Berkas Hermus-Edi Budoyo Diterima KPU, Selanjutnya Tes Kesehatan

    Sebelum disebar ke daerah-daerah mereka menjalani pembekalan di Kodam XVIII/Kasuari selama 15 hari sejak 2 hingga 15 Juli 2020. Usai pembakalan, sesuai prosedur penanganan COVID-19 para personil wajib menjalani pemeriksaan COVID-19.

    Pada pemeriksaan pertama, hasil real time polymerase chain reaction (RT-PCR) menunjukan 36 anggota BKO positif COVID-19. Dari temuan itu, trancing kontak dan pemerikaan usap pun dilakukan terhadap ratusan personil lainya.

    Kapendam menuturkan bahwa 235 Anggota satuan BKO yang akan ditugaskan saat ini masih menjalani Isolasi dan karantina mandiri di Badan Diklat Provinsi Papua Barat. Kesehatan Kodam XVIII/Kasuari serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat terus memantau kesehatan mereka.

    Baca juga:  Besok, Prof Aris Murfai Hadir di Musrenbang RPJMD Bintuni

    “Personil yang siap dan bebas COVID pagi tadi sudah diberangkatkan ke Kodim Persiapan Sorong Selatan sebanyak 27 orang. Lalu yang digeser ke Kodim 1806/ Bintuni 13 orang,” lanjut Zubaedi.

    Selanjutnya pada Kamis 30 Juli 2020, 37 orang akan digeser ke Kodim Persiapan Maybrat, satu orang Kodim Persiapan Tambrauw, 18 orang ke Kodim Persiapan Pegunungan Arfak. Lalu pada 31 Juli 2020, pergeseran akan dilakukan ke Kodim Persiapan Manokwari Selatan sebanyak 21 orang dan Kodim Persiapan Teluk Wondama sejumlah 23 orang.

    Baca juga:  Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda, Ini Pesan Dandim 1806/Teluk Bintuni

    Terpisah Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan penanganan COVID-19 Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap mengatakan, saat ini masih ada 34 orang anggota BKO yang menjalani isolasi di rumah sakit umum (RSU) provinsi di Manokwari

    “Awalnya ada 36 anggota BKO TNI yang positif dan menjalani Isolasi di rumah sakit. Beberapa hari lalua dua diantaranya sembuh dan telah dikembalikan ke satuan. Dengan demikian tersisa 34 orang kini masih menjalani isolasi,”kata dia.(*LPB1).

    Latest articles

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung Andriano Ananta Mapolres Bintuni, Selasa (23/7/2024). Dalam sosialisasi ini, Polres...

    More like this

    Diajak ke Kebun, IRT di Manokwari Ditembak Suami

    MANOKWARI, linkpapua.com- Seorang ibu rumah tangga (IRT) Manokwari bernama Nely Saori (49) ditembak saat...

    Lepas 85 Mahasiswa KKN, Ketua STKIP Muhammadiyah Manokwari Ingatkan Jaga Nama Institusi

    MANOKWARI, Linkpapua.com- STKIP Muhammadiyah Manokwari melepas 85 mahasiswa yang akan melakukan KKN di 8...

    Songsong Pilkada, Polda Papua Barat Gelar Tabligh Akbar dan Deklarasi Damai

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka mewujudkan Pilkada damai 2024 di Provinsi Papua Barat, Polda Papua Barat...