27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Melkias Werinussa Ungkap Sederet Rencana Strategis Pemprov PB Jelang Perpindahan IKN

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com– Asisten Perekonomian dan Pembangunan Daerah Provinsi Papua Barat Melkias Werinussa membeberkan sederet rencana strategis pemprov menyongsong perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Menurut Melkias, Pemprov PB akan mengambil peran penting dengan hadirnya IKN.

    “Pertama dari segi investasi kita berharap Pupuk Kaltim dapat mengembangkan sayapnya di Papua Barat tepatnya di Fakfak. Ini sebuah proyek besar yang jadi target ke depan,” jelas Melkias saat ditemui wartawan usai apel gabungan di kantor Gubernur Papua Barat, Jumat (19/4/2024).

    Baca juga:  KPU Teluk Bintuni Tetapkan DPT Pemilu 2024, Pemilih Bertambah Signifikan

    Melkias menuturkan, kesiapan Provinsi Papua Barat menerima dan membuka kerja sama dengan Pupuk Kaltim menjadi sangat penting. Sebab langkah ini akan membuka keran ekonomi baru.

    “Pabrik Pupuk Kaltim sudah memiliki 4 cabang di mana perusahaanya terkesan memiliki desain yang sederhana tetapi luar biasa. Kita harapkan Papua Barat jadi lokasi selanjutnya,” tuturnya.

    Kemudian poin kedua kata Melkias, saat IKN mulai beroperasi nanti, Pemprov Papua Barat menargetkan bisa membuka kantor penghubung do IKN. Kantor penghubung ini akan menjadi satu wadah.

    Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat: Kosgoro Jangan Jadi Organisasi Eksklusif

    “Di mana letak perencanaan yang diperkirakan strategis dan mendapat dukungan Gubernur Kaltim sekaligus sebagai Dirjen Otda yaitu wilayah yang dirasa strategis dan dekat yaitu di wilayah IKN dan juga Balikpapan nantinya,” terang Melkias.

    Dari seluruh wilayah provinsi yang ada di Indonesia sebut Melkias, Papua merupakan yang pertama mengunjungi dan mengajukan izin untuk menempatkan kantor penghubung di IKN. Usulan ini bahkan mendapat respons dari pemerintah pusat.

    Baca juga:  Penuhi Stok di Manokwari, Dinkes Papua Barat Gelar Donor Darah

    Kemudian Melkias mengungkap kekagumanya terhadap generasi muda yang ada di Kalimantan yang telah sukses mendesain IKN menjadi sebuah kota luar biasa. Kata dia, IKN didesain oleh anak-anak muda di bawah 40 tahun tamatan IPDN.

    “Rencananya upacara HUT 17 Agustus tahun ini akan dilaksanakan di IKN. Jadi diproyeksi semua wilayah kantor konsulat masing-masing provinsi di Indonesia yang ditempatkan di Jakarta sebelum perayaan 17 Agustus sudah pindah ke IKN,” imbuh Melkias. (LP13/Red).

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    DPC PPP Manokwari Tidak Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Persatuan Pembangunan Manokwari (PPP) Manokwari tidak membuka penjaringan bakal calon...

    KPU Teluk Bintuni Siap Hadapi Gugatan Pileg, Digelar 3 Mei

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- KPU Teluk Bintuni membuka kotak suara untuk dijadikan alat bukti dalam sengketa...

    HUT Wondama ke-21, Bupati Hendrik Boyong Pejabat-ASN Belanja ke Pasar Sentral Iriati

    WASIOR, linkpapua.com- Kabupaten Teluk Wondama merayakan HUT ke-21 dengan berbagai cara. Salah satunya dengan...