25.7 C
Manokwari
Sabtu, Juli 13, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    Pengurus PWI Papua dan Tiga DOB Dilantik, Diminta Bersama-sama Perangi Hoaks

    Published on

    JAYAPURA, LinkPapua.com – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua untuk masa bakti 2022-2027 resmi dikukuhkan, Senin (10/7/2023), di Swiss-Belhotel Jayapura.

    Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari, yang mengukuhkan langsung bersamaan dengan pelantikan Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua PWI Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan.

    Pelaksana Harian (Plh.) Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun, yang hadir dalam acara pengukuhan dan pelantikan ini berharap PWI Papua terus berperan dalam memfasilitasi media massa dan wartawan di Bumi Cenderawasih untuk menyampaikan informasi secara terbuka, independen, dan dapat dipercaya.

    Baca juga:  Ketua PWI Papua Barat Tanggapi Berita Pemberian Suap ke Wartawan Manokwari

    “Publik harus bisa membedakan mana informasi yang benar atau tidak, mana informasi yang subjektif atau tidak. Dengan begitu, peran PWI ikut bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memerangi hoaks atau kabar berita bohong,” ujarnya.

    Ridwan juga mengimbau pengurus PWI Papua agar tetap konsisten sebagai pilar demokrasi dan bersama-sama memerangi berita bohong atau hoaks. “Peran media sangat berpengaruh dalam perkembangan pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah,” katanya.

    Baca juga:  Pertanggungjawaban APBD 2020, Teluk Bintuni Defisit Rp318,262 Miliar

    Selain itu, pada kesempatan ini, Ridwan mengajak PWI dan seluruh insan pers untuk terus memupuk kesadaran, komitmen, serta berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.

    “Sekaligus meningkatkan ketaatan wartawan pada citra, kredibilitas, dan kode etik jurnalistik,” ajaknya.

    Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari, yang didampingi Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Zulkifli Gani Ottoh, dalam kunjungannya ke Papua, mengajak seluruh anggota PWI di Papua dan tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk mengawal proses pembangunan di daerah masing-masing.

    Baca juga:  Polisi Tingkatkan Status Insiden KM Mitra Mulia ke Penyidikan, Belum Tetapkan Tersangka

    “Saya kira PWI cepat mengambil langkah karena pembentukan PWI, khususnya DOB, ini berarti PWI akan ikut terlibat membangun di daerah tersebut beserta instrumen pemerintah,” tuturnya.

    Atal berharap kepengurusan definitif PWI di tiga DOB dapat terbentuk dalam tiga bulan mendatang sehingga pers dapat secara optimal memublikasikan informasi mengenai proses pembangunan yang sedang berlangsung. (*/Red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...