26.4 C
Manokwari
Selasa, Juni 18, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Pemprov PB Salurkan Bantuan Pangan 7 Kabupaten, Sentuh 73.244 Warga Miskin

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapua.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat bekerja sama dengan Bulog menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah tahap I 2024, Rabu (31/1/2024). Bantuan menyasar 73.244 penerima di tujuh kabupaten.

    Penyerahan dilakukan secara simbolik di Kantor Lurah Manokwari Barat. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat Lasarus Ullo mengatakan program bantuan pangan ini merupakan kelanjutan program tahun 2023. Penyaluran dilakukan lebih cepat guna menjaga stabilitas pangan di masyarakat.

    Baca juga:  Forum Honorer Desak Polda PB Tahan Tersangka Kasus Pemalsuan Dokumen CPNS

    “Presiden menugaskan Badan Pangan nasional untuk melakukan penyaluran cadangan pangan pemerintah bersama Bulog melalui Badan Pangan Nasional Republik Indonesia,” jelas Lasarus.

    Dikatakannya, tujuan program ini ialah yang pertama mengurangi beban pengeluaran dari keluarga penerima bantuan pangan. Yang kedua kata Lasarus, sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, mengentaskan kemiskinan ekstrem, stunting dan gizi buruk.

    “Dan yang ketiga upaya pengendalian inflasi, dan melindungi produsen dan konsumen,” terang dia.

    Baca juga:  Sempat Error, Pemkab Raja Ampat Sudah Rampungkan Pembayaran Gaji ASN-Honorer

    Bantuan pangan yang diberikan pemerintah kepada Provinsi Papua Barat sebanyak 73.244. Adapun kabupaten penerima bantuan pangan yaitu Kabupaten Manokwari sebanyak 22.115 penerima, Kabupaten Manokwari Selatan sebanyak 5.496, Kabupaten Pegaf sebanyak 6.706, Kabupaten Teluk Bintuni sebanyak 13.189, Kabupaten Teluk Wondama sebanyak 5.856, Kabupaten Fakfak sebanyak 13.197 dan Kabupaten Kaimana sebanyak 6.685.

    Baca juga:  Realisasi APBD Tertinggi, Pemprov Papua Barat Dapat Penghargaan dari Mendagri

    Menurut Lasarus Ullo, penerima bantuan pangan ini adalah mereka yang berhak dan yang dikeluarkan oleh Bappeda dan Dinas Sosial sehingga masyarakat yang menerima bantuan ini benar-benar masyarakat yang membutuhkan.

    Lasarus meminta kepada Bulog bersama-sama dapat mengawasi beras-beras bantuan ini agar tidak seperti tahun sebelumnya yang diperjualbelikan secara bebas.

    “Karena ini beras subsidi dari pemerintah untuk masyarakat,” imbuhnya. (LP12/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan...

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama ribuan jemaah di lapangan Kodim 1801/Manokwari, Senin...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    More like this

    Serahkan Hewan Kurban ke Lapas Manokwari, ini Pesan Ali Baham

    MANOKWAR, Linkpapua.com - Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan bantuan hewan kurban...

    DPRK Maybrat Segera Bentuk Pansus LKPj Bupati Tahun Anggaran 2023

    MAYBRAT, LinkPapua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Maybrat, Papua Barat Daya, segera membentuk...

    DPC PPP Manokwari Tidak Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Persatuan Pembangunan Manokwari (PPP) Manokwari tidak membuka penjaringan bakal calon...