25.5 C
Manokwari
Sabtu, Juni 15, 2024
25.5 C
Manokwari
More

    38 CJH Ikuti Manasik Haji yang Digelar Kemenag Teluk Bintuni   

    Published on

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.Com– Kementerian Agama Teluk Bintuni menggelar manasik haji bagi 38 calon jemaah haji 2024 di Aula Kantor Kemenag Bintuni, Rabu (1/5/2024). Manasik haji akan berlangsung selama 10 hari.

    Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Teluk Bintuni Abdul Muin menyampaikan, selama mengikuti manasik haji, para CJH akan dibekali pengetahuan tentang rukun, wajib, sunnah, serta adab-adab yang harus dijalankan selama menjalani ibadah haji. Selain itu, mereka juga akan diberikan pemahaman tentang makna dan filosofi dari setiap ritual haji, sehingga dapat memperdalam keimanan dan kecintaan terhadap agama.

    Baca juga:  Pekan Imunisasi Nasional Polio, Pemprov Papua Barat Berikan Hadiah Sembako

    “Tujuan utama dari bimbingan manasik haji ini adalah untuk mempersiapkan mental dan spiritual para calon jamaah haji agar mampu menjalani ibadah haji dengan penuh kesungguhan dan kekhusyukan. Dengan pemahaman yang baik tentang tata cara dan hikmah-hikmah ibadah haji, diharapkan para jemaah haji dapat melaksanakan ibadah mereka dengan benar dan mendapatkan manfaat spiritual yang maksimal,” jelas Abdul Muin.

    Selain itu, bimbingan ini juga bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan para jemaah haji selama menjalani ibadah di tanah suci.

    Baca juga:  Kirab Pemilu Bergeser ke Manokwari Selatan

    Dijelaskan Abdul Muin, melalui bimbingan manasik haji ini, Kementerian Agama Teluk Bintuni berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para CJH. Mereka akan mendapatkan panduan dan pembinaan secara intensif dari para ahli agama dan praktisi haji yang berpengalaman.

    “Kita harapkan mereka dapat memperoleh pemahaman yang mendalam dan komprehensif tentang ibadah haji. Dengan demikian, diharapkan pelaksanaan ibadah haji para jamaah dapat berjalan lancar dan sesuai dengan tuntunan agama Islam, serta menjadi Haji yang Mabrur,” ucapnya.

    Baca juga:  Kelompok TPNPB-OPM Akui Tembak Mati Empat Pekerja Jalan di Teluk Bintuni, Lainnya Selamat

    Menurut Abdul Muin, bimbingan manasik haji juga merupakan wujud dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas ibadah haji dan meningkatkan keberkahan serta manfaat dari ibadah tersebut. Dengan memberikan pembekalan yang baik sejak dini, diharapkan para CJH dapat menjadi duta-duta agama yang baik dan mampu menyebarkan nilai-nilai kebaikan yang mereka peroleh selama menjalani ibadah haji.

    “BImbingan ini juga dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antara para calon jamaah haji, sehingga tercipta atmosfer kekeluargaan dan kebersamaan yang harmonis,” imbuhnya.(LP5/Red)

    Latest articles

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Papua Barat periode 2024-2029. Penetapan dilakukan...

    30 Caleg Terpilih Ditetapkan KPU Manokwari

    More like this

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan...

    Ditlantas Polda Papua Barat Raih Penghargaan di 2 Kategori

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat meraih prestasi dalam Rapat Kerja Teknis...

    Pemprov PB Rancang Sekolah Ramah Anak-Gender, Dimulai dari SMA Unggulan

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Biro Kesra Pemprov Papua Barat bersama otoritas terkait tengah merancang sebuah...