28.7 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
28.7 C
Manokwari
More

    Anggaran Dipangkas, Dinas Kearsipan Papua Barat Optimistis Jalankan Program 2024

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Papua Barat Soleman Djitmau mengatakan, tahun 2024 anggaran Dinas Kearsipan dipangkas hampir 50%. Meski begitu, ia tetap optimistis program prioritas bisa dijalankan sesuai target.

    “Dengan anggaran yang ada ini, kami fokus pada kegiatan-kegiatan yang penting. Kita tetapkan skala prioritas,” terang Soleman, Rabu (31/1/2024).

    Baca juga:  Perisai Prabowo Gelar Aksi Peduli Lingkungan di Pasar Ransiki Mansel

    Soleman menyebutkan, tahun 2024 anggaran Dinas Kearsipan tersisa Rp4 miliar dari Rp7 miliar di tahun 2023. Ini berarti terjadi pengurangan sekitar Rp3 miliar.

    Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan diberikan target oleh Perpustakaan Nasional dan Arsip Nasional. Target-target yang diberikan di antaranya pengelolaan arsip, pemusnahan dan penyimpanan arsip.

    Baca juga:  Dominggus Kembali Beraktivitas Sebagai Kepala Suku Besar Arfak

    Selain itu ia menjelaskan bahwa saat ini Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan sedang menjalankan layanan perpustakaan di sekolah-sekolah. Termasuk program pembentukan
    Bunda Baca yang nanti akan berperan meningkatkan minat baca di masyarakat.

    “Diharapkan juga agar perpustakaan bukan hanya menjadi tempat untuk membaca saja, tetapi bisa untuk melakukan keterampilan bagi kelompok-kelompok masyarakat yang ingin membuat sesuatu yang dapat dipasarkan,” paparnya.

    Baca juga:  Kantor DPRD Manokwari, Bupati: Warga Tidak Puas, Silahkan Tempuh Jalur Hukum

    Soleman mencontohkan, di perpustakaan bisa didorong sebagai wadah tempat membuat kue, menjahit dan sebagainya. Keterampilan itu akan dibina dengan bekerja sama Tim Penggerak PKK.

    “Jadi perpustakaan memiliki fungsi luas. Yang bermuara pengembangan kreativitas dan keterampilan,” imbuh Soleman. (LP12/red)

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Serahkan Hewan Kurban ke Lapas Manokwari, ini Pesan Ali Baham

    MANOKWAR, Linkpapua.com - Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan bantuan hewan kurban...

    DPRK Maybrat Segera Bentuk Pansus LKPj Bupati Tahun Anggaran 2023

    MAYBRAT, LinkPapua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Maybrat, Papua Barat Daya, segera membentuk...

    DPC PPP Manokwari Tidak Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Persatuan Pembangunan Manokwari (PPP) Manokwari tidak membuka penjaringan bakal calon...