26.4 C
Manokwari
Selasa, Juni 18, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Panitia Bantah Keberpihakan pada Caleg Tertentu saat Event Lomba Lari 10 Km

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Panitia Lomba Lari bertajuk Manokwari Run 10 Km, membantah adanya dugaan keberpihakan kepada salah satu calon anggota DPR RI dari Partai GOLKAR, Roma Megawanty Waterpauw.

    Ketua Panitia, Sulthan menjelaskan, pihaknya sama sekali tidak memberikan ruang bagi caleg untuk memberikan sambutan pada event tersebut.

    “Dalam acara yang kami susun mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya kami tidak berikan ruang untuk caleg manapun memberikan sambutan. Namun saat itu karena ibu Roma hadir juga dalam kapasitas sebagai peserta memeriahkan kegiatan itu, mengingat pesertanya terbuka untuk umum dipersilahkan memberikan sepatah dua kata”, jelasnya.

    Baca juga:  Parjal Kecam Persekusi Terhadap Mahasiswa Papua di NTT: Mereka Harus Minta Maaf

    Lebih lanjut ia mengatakan, saat dimintai memberikan motivasi bagi peserta, Roma Megawanty sama sekali tidak memberikan arah komentar mengkampanyekan dirinya sebagai salah satu Caleg DPR RI.

    Disisi lain, Panitia mengakui salah satu sponsor event tersebut adalah Pemprov Papua Barat, namun tidak serta merta kehadiran Roma Megawanty dikaitkan seolah-olah mendapat dukungan dari Pemprov Papua Barat.

    “Kegiatan kami ini rutin kami laksanakan. Harusnya tahun 2023, namun baru terlaksana saat ini. Dan salah satu sponsornya adalah Pemprov Papua Barat. Tapi sekali lagi kami tegaskan kehadiran ibu Roma dalam event kami tidak serta merta dikaitkan ada keberpihakan Pemprov, karena awalnya hadir sebagai peserta”, ungkap Sultan.

    Baca juga:  Genting Oil Ltd. Komitmen Perbaiki Akses Jalan dan Dongkrak Ekonomi Sumuri Teluk Bintuni

    Sementara itu, Roma Megawanty mengatakan menghadiri event tersebut sebagai salah satu peserta, untuk menguji kemampuannya pada olahraga tersebut.

    “Banyak yang tanya saya kelihatan fit, ya karena saya suka berolahraga dari umur belasan tahun. Hobby saya belakangan ini naik gunung atau camping. Tadinya saya juga salah satu peserta mau ikut lari untuk mengukur sejauh mana atletiknya saya, tapi tidak jadi karena sudah lama saya tidak lari”, ungkap dia.

    Sementara itu, Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Papua Barat, Nortbertus yang dikonfirmasi TopbNews menyatakan, belum memperoleh adanya laporan terkait dugaan tersebut.

    Baca juga:  BPOM Manokwari Uji Ratusan Takjil, Ini Hasilnya

    “Kami belum dapat laporan dari staf kalau ada yang melaporkan dugaan keberpihakan pada salah satu caleg dalam kegiatan dimaksud”, jelasnya Minggu (28/1/2024).

    Ia menjelaskan, berdasarkan informasi awal yang diperoleh pihaknya melalui pemberitaan di media, maka mekanisme yang dilakukan adalah melakukan penelusuran dan pengumpulan bukti untuk dilakukan pengkajian.

    “Kalau seandainya ada unsur kampanye terkait penyampaian materi kampanye, pencitraan diri dan ajakan mencoblos, maka netralitas ASN nya kena. Tapi sepanjang tiga hal itu tidak ada, ya tidak ada yang perlu lanjutkan”, tutup dia.(LP3/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan...

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama ribuan jemaah di lapangan Kodim 1801/Manokwari, Senin...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan Keteladanan Nabi Ibrahim

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445...

    Kurban di Masjid Nurul Qolbi Manokwari, Momen Pererat Silaturahmi Umat Beragama

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Jemaah Masjid Nurul Qolbi Amban Permai, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, melaksanakan...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Alumni Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Manokwari menyalurkan hewan kurban berupa sapi di sekolah...