Rabu, Agustus 4, 2021
27.9 C
Manokwari
27.9 C
Manokwari
Rabu, Agustus 4, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

98,889
Total Kematian
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 12:31 12:31 pm
524,142
Total Kasus Aktif
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 12:31 12:31 pm
3,496,700
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 12:31 12:31 pm

Makin Aman Makin Nyaman, Polda Papua Barat Luncurkan KTL Pro dan RTMC

MANOKWARI, Linkpapua.com- Polda Papua Barat secara resmi meluncurkan Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) Pro Mansinam di Kantor Bersama Samsat Manokwari, Rabu (16/6/2021). Pada kesempatan ini juga diresmikan Regional Traffic Management Center (RTMC).

Dirlantas Polda Papua Barat, Kombes Pol Raydian Kokrosono, dalam pemaparannya menjelaskan permasalahan lalu lintas dapat menghambat tata kelola masyarakat sehingga lalu lintas harus aman dan lancar agar tidak mengganggu aktivitas.

“Dalam masa pandemi Covid tidak hanya tertib berlalu lintas, tetapi juga berdasarkan protokol kesehatan sebagai upaya keselamatan. KTL Pro Mansinam merupakan kawasan tertib lalu lintas yang dibentuk dan diawasi agar menjadi kawasan yang aman dan nyaman. Sejumlah pelanggaran yang menjadi perhatian di antaranya zero accident, peningkatan tertib berlalu lintas, dan peningkatan prokes,” beber Dirlantas.

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing, mengatakan lalu lintas dan angkutan jalan punya peran strategis untuk mewujudkan keamanan.

“Kawasan Haji Bauw selain merupakan jalan raya, juga menjadi pusat aktivitas masyarakat. Sehingga harus bahu-membahu untuk mewujudkan kawasan tertib agar nantinya bisa dilirik investor sehingga perlu dilakukan penataan. Ini menjadi contoh untuk wilayah lainnya. Karena sekarang di masa pandemi sehingga KTL Pro juga dimanfaatkan mengingatkan masyarakat agar bisa tertib protokol kesehatan. Selain itu dengan adanya Elektronik Traffic Law Environment (ETLE), maka ini akan semakin lengkap. ETLE juga akan menunjang pendapatan daerah dari sektor pajak,” beber Tornagogo.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, menyambut baik pelaksanaan KTL Pro ini. “Dengan adanya KTL Pro tersebut diharapkan menjadi kawasan tertib berlalu lintas untuk keamanan dan kenyamanan lalu lintas. Apalagi dengan RTMC maka bisa terkontrol dan diawasi. Sebagai penyelenggara negara sudah seharusnya menyiapkan layanan yang mudah untuk masyarakat. Dengan ada kawasan ini kita harus tertib berlalu lintas, termasuk saya sendiri. Pejabat harus menjadi contoh bagi masyarakat,” jelas Dominggus.

Selain Manokwari, penerapan KTL Pro ini juga akan diterapkan pada sejumlah daerah, seperti Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Manokwari Selatan, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Raja Ampat, Fakfak, dan Kaimana.

Ditlantas Polda Papua Barat dalam penerapan program ini bekerja sama dengan sejumlah intansi, termasuk Satgas Covid-19 dan Dinas Perhubungan. (LP3/Red)

Latest news