25.5 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
25.5 C
Manokwari
More

    Dari Hari Otda di Manokwari: Pembangunan Daerah Cepat, tapi PAD Masih Rendah

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-27, Sabtu (29/4/2023) di halaman kantor Bupati Manokwari. Di momentum ini, Bupati Hermus Indou merefleksi kembali perjalanan otonomi daerah dalam perjalanan 27 tahun.

    Tema yang diusung dalam peringatan Hari Otda adalah Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul. Bupati Hermus mengatakan, dengan momentum Hari Otonomi Daerah (Otda) menjadi refleksi bagi pemerintah.

    ”Dengan hari otda dapat menjadi refleksi memahami filosofi pembentukannya. Tujuan Otda dengan adanya disentralisasi memberikan sebagian kewenangan berada di daerah untuk mencapai kemandirian fiskal dengan potensi yang ada serta mendapat Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pemerataan pembangunan,” ujar Hermus.

    Baca juga:  Dominggus Kembali Beraktivitas Sebagai Kepala Suku Besar Arfak

    Menurutnya, tahun 1996 pemerintah menyerahkan sebagian urusan pemerintahan kepada 27 daerah tingkat 2 sebagai percontohan. Ini merupakan tonggak Otda, karena daerah memiliki kewenangan selain urusan politik luar negeri, fiskal, agama dan mo neter.

    Disebut Hermus, Otda memiliki dampak positif dalam percepatan pembangunan dalam peningkatan PAD dan fiskal daerah.

    Baca juga:  Maxi Ahoren soal Hibah Lembaga Keagamaan: Penerimanya Itu-itu saja

    “Tujuan kehadiran Otda belum optimal seperti yang diharapkan. Ini terbukti dengan masih adanya daerah yang memiliki PAD di bawah 20 persen anggaran daerah dan bergantung pada pemerintah pusat. Ini sangat ironi karena kewenangan yang sudah diberikan pada daerah,” jelasnya.

    Untuk itu harus ada terobosan besar agar dapat memberikan nilai tambah. Pemerintah juga konsen terhadap pengendalian inflasi dan kesediaan pasokan maupun daya beli masyarakat sehingga selalu memantau penanganan inflasi daerah.

    Baca juga:  Kisah Runa Maidepa, Ahli Geologi Putra Papua: Berkarya dari Freeport ke Trinidad Tobago

    Dalam amanat tertulis Mendagri yang dibacakan Hermus, juga menegaskan Indonesia harus menjadi negara produsen bukan negara importir untuk pemerataan pembangunan dan ketahanan nasional.

    Karena itu, dengan filosofi pembentukan Otda diharapkan dapat terwujud di seluruh daerah. Sehingga daerah menjadi penopang nasional di berbagai sektor.

    “Untuk menunjang itu diperlukan ASN yang berintegritas dan kompeten serta bekerja sama,” imbuhnya.(LP3/Red)

    Latest articles

    Pemkab Teluk Bintuni Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan 59 ekor sapi kurban dalam rangka Lebaran Idul Adha 1445 H/2024 M. Penyerahan dilakukan Wakil...

    More like this

    DPRK Maybrat Segera Bentuk Pansus LKPj Bupati Tahun Anggaran 2023

    MAYBRAT, LinkPapua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Maybrat, Papua Barat Daya, segera membentuk...

    DPC PPP Manokwari Tidak Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Persatuan Pembangunan Manokwari (PPP) Manokwari tidak membuka penjaringan bakal calon...

    KPU Teluk Bintuni Siap Hadapi Gugatan Pileg, Digelar 3 Mei

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- KPU Teluk Bintuni membuka kotak suara untuk dijadikan alat bukti dalam sengketa...