26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Bupati Manokwari Serahkan Bantuan Keuangan Rp1,9 Miliar ke 11 Parpol

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, menyerahkan bantuan keuangan sebesar Rp1,9 miliar kepada 11 partai politik (parpol) tahun anggaran 2022 di Ruang Sasana Karya Kantor Bupati Manokwari, Kamis (7/6/2022). Bantuan ini sebagai bentuk pembinaan pemerintah kepada partai politik.

    Hermus mengatakan bahwa kehadiran partai politik dalam sistem pemerintahan yang demokratis adalah suatu hal yang penting. Sebab, sebagai organisasi yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat, partai politik juga berfungsi menyerap, merumuskan, dan menyalurkan kepentingan masyarakat.

    Baca juga:  Polres Manokwari "Geruduk" Kodim 1801/Manokwari

    “Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari pada tahun anggaran 2022 telah menganggarkan bantuan keuangan yang akan diserahkan kepada 11 partai politik yang menduduki kursi pada DPRD Kabupaten Manokwari periode 2019-2022,” kata Hermus.

    Bantuan keuangan bagi partai politik diharapkan mampu mendorong kemandirian partai politik. “Bantuan keuangan sebagaimana diamanatkan dalam peraturan undang-undang adalah untuk kegiatan pendidikan politik serta pembiayaan sekretariat partai politik,” tutur Hermus.

    Baca juga:  Sius Bantah Perusahaannya Terlibat Aktivitas Tambang Emas Ilegal di Manokwari

    Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 78 Tahun 2020 disebutkan bahwa bantuan keuangan kepada partai politik dapat digunakan untuk dukungan dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

    “Penyerahan bantuan keuangan kepada partai politik juga adalah menjalin silahturahmi antar pemerintah dan seluruh partai politik sehingga tercipta timbal balik yang baik antara pemerintah dan partai politik,” ujar Hermus.

    Baca juga:  460 Keluarga di Manokwari Terima Bantuan Pangan Bapanas

    Hermus berharap bantuan keuangan yang diberikan dapat mendukung modal kerja yang sudah dijalankan oleh partai politik sehingga mampu melahirkan calon-calon pemimpin bangsa yang baik di masa mendatang.

    Bantuan keuangan diberikan kepada 11 partai politik, yakni PDIP, Golkar, Nasdem, Perindo, PKS, Hanura, PKB, PAN, Demokrat, PKPI, dan Gerindra.

    Penyerahan bantuan dihadiri Kepala Kesbangpol, Ketua KPU, dan Ketua Bawaslu Manokwari. (LP8/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...

    Antisipasi Kepadatan Arus Balik, 3 Pos Pengamanan Diaktifkan di Kota Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Aparat menempatkan tiga pos pengamanan di dalam Kota Manokwari untuk mengantisipasi kepadatan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...