Rabu, Agustus 4, 2021
25.5 C
Manokwari
25.5 C
Manokwari
Rabu, Agustus 4, 2021

Indonesia COVID-19 Statistics

98,889
Total Kematian
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 07:29 7:29 am
524,142
Total Kasus Aktif
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 07:29 7:29 am
3,496,700
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Wednesday, 4 August 2021, 07:29 7:29 am

Bapenda Teluk Bintuni Laksanakan Program PBB Berbonus, Tahap Awal Sasar 5 Kampung

BINTUNI, Linkpapua.com – Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melaksanakan sosialisasi bayar pajak dapat bonus, Kamis (16/6/2021).

Kepala Bapenda Teluk Bintuni, Ahmad Rahanjamtel M.Si, mengatakan ini merupakan program nasional yang dilaksanakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN).

“Bagi perwakilan dari seluruh lembaga kementerian daerah, yang sudah mengikuti latpim wajib untuk bekerja sama dengan pihak LAN RI. Melalui mentor reformer dari peserta diklat ditambah dengan mentor dari pemerintah daerah bersepakat untuk menyelesaikan semua gagasan yang inovasi,” kata Ahmad.

Ahmad menyebut dari sembilan jenis pajak daerah, pihaknya fokus pada pajak bumi dan bangunan.

Kegiatan yang akan diikutinya di LAN di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, kata Ahmad, menghasilkan gagasan yang disebut PBB berbonus. Ada dua harapan utama yang ingin diraih, yakni kesadaran masyarakat untuk membayar PBB dan adanya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

“PBB berbonus ini akan diterapkan di Kabupaten Teluk Bintuni agar masyarakat bisa memahami tentang kewajibannya untuk membayar pajak PBB tepat waktu dan tepat jumlah. Diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Teluk Bintuni dari sektor PBB,” jelas Ahmad.

Untuk pelaksanaan inovasi PBB berbonus dalam jangka pendek, Bapenda Teluk Bintuni akan melakukannya di wilayah yang sedikit jauh dari kota.

Beberapa wilayah yang disasar untuk tahap awal adalah empat kampung dari Distrik Menimeri yaitu, SP2 Korano Jaya, SP3 Bumi Saniari, SP1 Waraitama, dan SP4 Banjar Ausoy. Sementara di Distrik Bintuni Timur adalah Kampung Argosigemerai SP5.

“Jangka menengahnya kita dari Bapenda akan mengambil 50 kampung pada tahun depan dan tahun selanjutnya akan meliputi seluruh kampung yang berada di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni,” tutup Ahmad. (LP5/red)

Latest news