28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    356 Mahasiswa STKIP Muhammadiyah akan Magang di Manokwari dan Mansel

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Sebanyak 356 mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Manokwari tengah mengikuti pembekalan magang. Setelahnya, mereka akan melaksanakan magang di SD, SMP, dan SMA yang tersebar di Manokwari dan Manokwari Selatan (Mansel).

    Mahasiswa dan mahasiswi dibekali berbagai materi berkaitan magang, seperti tahapan/observasi dan indikator penilaian saat magang, sistematika penyusunan laporan, dan rencana program.

    Pembekalan ini untuk persiapan bagi mahasiswa semester 2, 4, dan 6 yang akan melaksanakan magang selama satu bulan pada 13 Februari hingga 13 Maret 2023 mendatang.

    Baca juga:  Biaya Perjalanan Dinas Terindikasi Jadi Temuan, DPRD Manokwari Beri Klarifikasi

    Kepala Divisi Magang STKIP Muhammadiyah Manokwari, Elvi Rahmi, mengatakan pelaksanaan magang sudah disesuaikan kalender akademik yang telah ditetapkan pihak kampus.

    “Untuk jumlah peserta magang itu ada 356 peserta magang yang tersebar di Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Manokwari Selatan,” ujar Elvi, Sabtu (11/2/2023).

    Elvi mengungkapkan, dari 356 peserta tersebut hanya peserta magang III yang langsung turun lapangan. Sementara, peserta magang I dan II masih dalam tahapan persiapan turun lapangan.

    “Jadi, terdapat sekolah mitra yang membantu kami dalam pelaksanaan magang ini, mulai dari SD, SMP, dan SMA. Sebagian besar di Kabupaten Manokwari dan sebagian lainnya di Kabupaten Manokwari Selatan,” ungkap dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini.

    Baca juga:  Modal Jadi Universitas, Tiga Program Studi STKIP Muhammadiyah Dapat Akreditasi Baik Sekali

    Sementara, Ketua STKIP Muhammadiyah Manokwari, Hawa Hasan, menjelaskan magang ini sangat diperlukan bagi mahasiswa agar nantinya dapat langsung membaur dengan dunia kerja pasca menyelesaikan studi strata (S1) di kampus keguruan itu.

    “Jadi, magang ini perlu bagi mahasiswa karena dari magang ini nantinya mereka akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman di lapangan,” terangnya.

    Baca juga:  Pasar Murah Dibuka di 6 Distrik Manokwari, Bapok Dijual Setengah Harga

    Dia berharap agar ilmu yang di peroleh selama beberapa semester di bangku kuliah dapat diaplikasikan dalam proses mengajar di sekolah nantinya.

    Selain itu, sesuai instruksi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Makarim, mesti memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil ilmu di luar bidang keilmuannya.

    “STKIP Muhammadiyah Manokwari juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki keinginan untuk magang di luar lingkungan sekolah,” ucapnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di Masjid Al Kautsar, Jalan Esau Sesa, Manokwari, Minggu (14/4/2023). Halal...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    Pesan Toleransi dan Persatuan dari LDII

    More like this

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...

    Antisipasi Kepadatan Arus Balik, 3 Pos Pengamanan Diaktifkan di Kota Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Aparat menempatkan tiga pos pengamanan di dalam Kota Manokwari untuk mengantisipasi kepadatan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...