26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Modal Jadi Universitas, Tiga Program Studi STKIP Muhammadiyah Dapat Akreditasi Baik Sekali

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik) pada 4 Januari 2023 telah mengeluarkan sertifikat akreditasi untuk tiga program studi yang dimiliki Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Manokwari, Papua Barat, dengan predikat “baik sekali”.

    Capaian ini jadi modal STKIP Muhammadiyah Manokwari menyelesaikan alih bentuk sekolah tinggi menjadi universitas.

    Ketiga program studi itu, yakni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, serta Pendidikan Biologi.

    Ketua STKIP Muhammadiyah, Hawa Hasan, mengatakan pencapaian akreditasi tiga program studi ini sebagai bukti kepada masyarakat Papua Barat, khususnya Manokwari, bahwa STKIP serius dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

    Baca juga:  KPU Papua Barat: 16 Bacalon Tidak Memenuhi Syarat dari 4 Parpol

    “Alhamdulillah dari 5 program studi yang ada di kampus STKIP Muhammadiyah Manokwari, hari ini 3 program studi sudah terakreditasi dengan nilai yang baik sekali,” kata Hawa, Kamis (12/1/2023).

    Sertifikat akreditasi, kata dia, diberikan setelah sebelumnya pada Desember 2022 Lamdik melakukan asesmen lapangan (AL) guna melihat kesesuaian barang akreditasi yang dikirimkan pihak pengaju (perguruan tinggi) dengan kondisi lapangan sesungguhnya.

    “Asesmen dilakukan selama dua hari untuk setiap program studi dengan dua orang asesor. Proses akreditasi dilakukan baik secara luring maupun daring, ” ungkapnya.

    Baca juga:  KPU Manokwari: Sejumlah Parpol Gagal Lengkapi Administrasi, Calon Tetap TMS

    Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menjalani AL secara daring pada 16-17 Desember 2022. Lalu, Program Studi Pendidikan Biologi juga secara daring selama dua hari, 19-20 Desember 2022, serta Pendidikan Bahasa Inggris secara luring 21-23 Desember 2022.

    Hawa berujar, STKIP Muhammadiyah Manokwari akan terus mempersiapkan doktor serta peningkatan level publikasi penelitian menembus indeks scopus.

    Selain itu, lanjutnya, masih ada dua program studi lagi yang akan dikejar untuk dapat meningkat akreditasinya yang diharapkan kepercayaan masyarakat ke kampus juga makin meningkat.

    Baca juga:  Pembangunan Jembatan Mansinam, Wamen Wetipo: Ada Sejumlah Persoalan Harus Diselesaikan

    Wakil Ketua I STKIP Muhammadiyah, Nurul Abidin, menambahkan capaian ini akan menjadi tambahan semangat untuk bisa menyelesaikan target jangka pendek, yakni menyelesaikan alih bentuk sekolah tinggi menjadi universitas.

    Sementara, untuk jangka panjangnya tentunya akan semaksimal mungkin berusaha agar bisa mendapatkan akreditasi unggul.

    “Ke depannya kampus akan semakin maju dan berkembang agar semakin bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” Harapnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    PKS Usung Utayoh Jilid II di Fakfak

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung calon kepala daerah Fakfak Untung Tamsil- Yohana Hindom (Utayoh) pada pilkada serentak 27 November mendatang....

    More like this

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    Kajati Papua Barat Paparkan Sejumlah Capaian pada Momentum HBA ke- 64

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pada momentum Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 64 tahun ini, Kepala Kejaksaan...

    Diajak ke Kebun, IRT di Manokwari Ditembak Suami

    MANOKWARI, linkpapua.com- Seorang ibu rumah tangga (IRT) Manokwari bernama Nely Saori (49) ditembak saat...