28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Target Stunting Turun Jadi 14 Persen di 2024, Ini Langkah Pemkab Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Kabupaten Manokwari melaksanakan sosialisasi Kelompok Kerja (Pokja) Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Distrik Manokwari Selatan, Jumat (20/1/2023).

    Wakil Bupati (Wabup) Manokwari, Edi Budoyo, mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari berkomitmen mewujudkan Manokwari bebas stunting. Dia menyebut bahwa penurunan stunting sudah menjadi agenda nasional.

    Baca juga:  SDIC Beberkan Kontribusi ke Tanah Papua: Bayar Pajak Rp500 M Lebih

    “Faktor penting dalam pelaksanaan program penurunan stunting adalah data yang menjadi rujukan. Komitmen pemda bersama stakeholders lainnya bersama menangani permasalahan stunting,” ujar Edi.

    Edi mengajak kepada orang tua untuk mempersiapkan pertumbuhannya anak sejak dini. “Saat ini angka stunting di Manokwari sekitar 22 persen dari jumlah penduduk. Kita upayakan agar di tahun 2024 mendatang menurun hingga 14 persen. Untuk mewujudkan itu pemda tidak bisa sendiri,” katanya.

    Baca juga:  Wabup Edi Budoyo Lepas 500 Peserta Maraton 10 K HUT Kota Manokwari

    Dia juga mengimbau agar petugas puskesmas dan kader posyandu dapat melaksanakan pendataan balita stunting. Sejumlah aspek ditengarai menjadi penyebab masih tingginya angka stunting di Manokwari, seperti faktor lingkungan, faktor, hingga geografis.

    Baca juga:  18 Rumah Terdampak Pengembangan Bandara Rendani, Bupati Manokwari Temui Warga

    Sementara, Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera DPPPAKB Manokwari, Martha Maria Pattipelohy, mengatakan untuk Distrik Manokwari Selatan terdapat 43 balita berisiko stunting yang 20 di antaranya dalam pengawasan.

    “Percepatan penurunan stunting memerlukan keterlibatan seluruh stakeholders. Pemda sudah membentuk tim di tingkat distrik dan kampung untuk melakukan pengawasan tersebut,” ujarnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Gabriel Asem Sambangi Kediaman AFU: Tak Ada Pembicaraan Politik

    0
    SORONG, linkpapua.com- Mantan Bupati Tambrauw Gabriel Asem menemui Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati (AFU) di kediamannya, Sabtu (13/04/2024). Gabriel mengaku pertemuan keduanya hanya...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    Pesan Toleransi dan Persatuan dari LDII

    More like this

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...

    Antisipasi Kepadatan Arus Balik, 3 Pos Pengamanan Diaktifkan di Kota Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Aparat menempatkan tiga pos pengamanan di dalam Kota Manokwari untuk mengantisipasi kepadatan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...