28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Refleksi HUT ke-4, Peradi Manokwari Tegaskan Peran jadi Titian Keadilan Bagi Publik

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Kabupaten Manokwari merayakan HUT ke-4 di Kantor DPC Peradi Manokwari, Wosi, Sabtu (21/5/2023). Di momentum ini Peradi menegaskan komitmen untuk terus menjadi titian keadilan bagi publik.

    Ketua Peradi Manokwari, Demianus Waney, mengatakan, kehadiran Peradi merupakan ihtiar untuk menjembatani kebutuhan akan akses masyarakat terhadap keadilan. Menurutnya, Peradi akan tampil sebagai mendorong kesadaran hukum di masyarakat.

    Baca juga:  Pimpin PPA PB, Indrayanti Y Mandacan Tantang Perempuan Arfak jadi Nyonya di Negeri Sendiri

    “Ada kenyataan bahwa di awal berdirinya, kesadaran hukum masyarakat masih rendah, dan ada kebutuhan untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas advokat dalam rangka melayani publik dalam konteks penegakan hukum melalui tugas-tugas yang diemban advokat,” jelasnya.

    Waney menyampaikan, anggota Peradi di Manokwari terus berupaya meningkatkan kualitas pemahaman mengenai seluk beluk hukum. Di antaranya memperbanyak membaca, maupun mengikuti pelatihan-pelatihan yang mengarah ke spesialisasi kemahiran hukum.

    Baca juga:  Diperiksa 10 Jam di Bareskrim Polri, Firli Bahuri tak Ditahan

    Ia pun meminta seluruh anggotanya menjaga marwah advokat sebagai officium nobile atau profesi terhormat dan memahami tugas advokat sebagai bagian dari upaya pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia.

    HUT Peradi Manokwari berlangsung khidmat. Acara dihadiri belasan anggota Peradi termasuk sejumlah calon advokat yang telah mengikuti pendidikan khusus profesi advokat maupun ujian advokat.

    Waney didampingi koleganya Erwin Rengga, SH yang juga adalah ketua Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Manokwari. PBH sendiri adalah unit layanan Peradi untuk menangani klien secara probono (gratis) bagi warga yang tidak mampu.

    Baca juga:  Pengacara Muda, Patrix Diterjunkan Nasdem Tarung di Dapil I untuk DPR Papua Barat

    Sebelumnya, dalam rangkaian ulang tahun organisasi ini, pengurus Peradi Manokwari menggelar aksi sosial berupa donor darah di kantor PMI Manokwari. Peradi juga memberi pembekalan hukum bagi seluruh advokat muda yang baru saja diambil sumpahnya sebagai advokat. (*/red)

    Latest articles

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di Masjid Al Kautsar, Jalan Esau Sesa, Manokwari, Minggu (14/4/2023). Halal...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    Pesan Toleransi dan Persatuan dari LDII

    More like this

    Overstay, Imigrasi Sorong Deportasi Seorang WNA Asal Amerika Serikat

    SORONG, linkpapua.com- Seorang pemuda warga negara Amerika Serikat berisnisial TMM dideportasi oleh Kantor Imigrasi...

    Safari Ramadan di Masjid Agung Akbar Bintuni, Ali Baham Sampaikan Pesan Toleransi

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Barat Ali Baham Temongmere melakukan safari Ramadan...

    Giliran Bendahara Disnakertrans Papua Barat Ditetapkan Tersangka, Langsung Ditahan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kejaksaan Tinggi Papua Barat menetapkan Bendahara Pengeluaran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi...