26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Raih WTP ke-9, Bupati Teluk Bintuni: Tantangan untuk Lebih Baik

    Published on

    BINTUNI, linkpapua.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk tahun 2021. Ini adalah WTP ke-9 yang diraih secara beruntun.

    Predikat Opini WTP diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Papua Barat, Muhammad Abidin kepada Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw di Balai Room BPK, Selasa (24/5/2022).

    Bupati Petrus Kasihiw menyampaikan, raihan ke-9 ini merupakan prestasi kolektif semua OPD. Ia mengingatkan, WTP bukan akhir dari segalanya. Ini adalah tantangan untuk lebih baik lagi ke depan.

    Baca juga:  Tekan Angka Prevalensi Stunting, Bupati Teluk Bintuni Canangkan Gerakan Si Pesta

    “Selain WTP, kita masih memiliki tugas menyelesaikan tindak lanjut dari hasil pemeriksaan BPK. Dan di Papua Barat, Teluk Bintuni bisa melampaui standar BPK yakni 75 persen dari hasil tindak lanjut. Nah, kenapa harus ada tindak lanjut? Karena ini merupakan rekomendasi atas hasil pemeriksaan BPK,” terang Kasihiw.

    Tindak lanjut yang dimaksud adalah temuan. Ia menjelaskan, temuan itu ada yang bersifat non finansial dan finansial. Hasil temuan BPK harus disikapi secara administratif.

    Baca juga:  Kasihiw Akui Kemitraan dengan SKK Migas Hasilkan Banyak Gagasan Besar

    “Sehingga jika ada temuan harus ada pengembalian. Dan biasanya dalam 60 hari harus dikembalikan, kalau tidak aparat hukum yang masuk,” urai Kasihiw.

    “Makanya kami berupaya agar lebih dari 77 persen. Dan ini sudah diteruskan kepada Kepala Inspektorat agar mengkoordinir untuk bisa mencapai 77 persen lebih,” bebernya.

    Menurut Kasihiw, dari hasil Opini WTP yang dicapai hari ini, menunjukkan semua telah bekerja kolektif. Tapi ini harus dijaga karena tidak mudah mempertahankan opini WTP.

    Baca juga:  Bupati Teluk Bintuni Kukuhkan 65 Anggota Paskibraka

    “Yang paling penting adalah pencapaian visi dan misi bisa terwujud dan itu merupakan tugas dari OPD. Saya juga memberikan apresiasi kepada teman teman OPD semua, karena kita sudah memberikan sesuatu yang baik dan harus ditingkatkan. Besar harapan saya, semua OPD menggunakan anggaran dengan baik sesuai dengan ketentuan dan proses mulai dari tahap perencanaan, penganggaran sampai pelaksanaan dan monitoring. Semuanya itu harus dilakukan agar jangan salah jalan,” harapnya. (LP9/red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota Sorong

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada...

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah 

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...