26.9 C
Manokwari
Jumat, April 19, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Polairud Polres Manokwari Ingatkan Masyarakat Tidak Gunakan Bom Ikan Saat Melaut

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) Polres Manokwari mengimbau sekaligus mengingatkan nelayan maupun warga yang berada di pesisir pantai untuk tidak menggunakan bom ikan. Langkah ini sebagai upaya menjaga kelastarian dan keberlangsungan ekosistem laut.

    Kasat Polairud Polres Manokwari, Ipda Edi Sutrisno, mengatakan jika ada yang terbukti menggunakan bom ikan ataupun bahan-bahan kimia berbahaya, maka akan ditindak secara tegas sesuai peraturan berlaku.

    Baca juga:  Pimpin Sertijab Pj Sekda PB, Waterpauw: Jangan Pikir Politik, Bekerjalah

    “Memang memberikan edukasi kepada masyarakat menjadi bagian dari upaya kami dalam pencegahan. Kita juga bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait lainnya. Kita juga berkoordinasi lintas sektor jika ada temuan-temuan yang berkaitan dengan pelanggaran hukum,” ujar Edi, Senin (8/8/2022).

    Dikatakannya, jika ada informasi dugaan pelanggaran penggunaan bom ikan atau bahan kimia, pihaknya akan mendalami informasi tersebut. “Memang ada informasi dugaan pelanggaran penggunaan bom ikan, tapi tempatnya di luar Manokwari, hasil ikannya itu yang dijual di Manokwari,” bebernya.

    Baca juga:  Meriah, Lomba Fashion Show dan Tari Wayase HUT Ke-124 Kota Manokwari

    Selama ini pihaknya melihat nelayan yang berada di kawasan Teluk Sawaibu atau Teluk Doreri memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan. “Masyarakat yang ada di pesisir cukup memahami untuk tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya dalam mencari ikan. Karena kita tahu bersama jika ekosistem rusak maka membutuhkan waktu lama hingga bertahun-tahun agar kembali normal. Jika ekosistem rusak, maka nelayan yang merasakan langsung dampaknya,” terangnya.

    Baca juga:  Razia hingga Dini Hari, Satlantas Polres Manokwari Jaring Puluhan Kendaraan

    Dalam upaya mengedukasi masyarakat, pihaknya juga melibatkan sejumlah komunitas yang selama ini consern terhadap isu lingkungan. Dengan keterlibatan semua pihak, diharapkan pelestarian lingkungan dapat dilakukan. (LP3/Red)

    Latest articles

    Yayasan Kasih Rumbai Koteka Apresiasi Dukungan Kapolda PB di Bidang Pendidikan

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Yohanis Manibui, mengapresiasi dukungan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Jhonny E...

    More like this

    Sambut HUT Dekranasda ke 44, Puluhan Peserta Meriahkan Pameran UMKM 

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam memeriahkan HUT Dewan Kesenian Daerah (Dekranasda) ke 44, Dekranasda Manokwari menggelar...

    Bupati Manokwari Tinjau Pelaksanaan UAS di 2 Sekolah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou meninjau pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) bagi siswa...

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...