26.8 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
26.8 C
Manokwari
More

    Pimpin Upacara HUT Teluk Bintuni, Ini Penekanan Kasihiw

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, memimpin dan bertindak sebagai inspektur upacara hari ulang tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Teluk Bintuni di Gelanggang Argosigemerai, Distrik Bintuni Timur, Kamis (9/6/2022).

    Hadir pada kesempatan ini, Ketua MRP PB Maxi Nelson Ahoren, Anggota DPR PB Fraksi PDIP Saleh Seknun, Wakil Bupati Kaimana Hasbulla Furuada, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Fakfak Arobi Hindom, dan Kepala Suku Imeko Se-Tanah Papua Herman Tom Dedaida.

    Kasihiw menyampaikan rasa syukurnya pada pertambahan usia Teluk Bintuni. “Waktu demi waktu terus bergulir menambahkan hitungan usia yang makin dewasa,” tuturnya.

    Atas pertambahan usia itu, Tanah Sisar Matiti–julukan Teluk Bintuni, terus berdiri kokoh dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

    Baca juga:  Bupati Teluk Bintuni Serahkan Modal Usaha Rp1 Miliar untuk 54 Kube

    Kasihiw mengatakan pada momentum HUT ini menjadi bukti perjalanan sejarah Teluk Bintuni yang telah mencapai usia 19 tahun.

    “Hari ulang tahun yang kita semua peringati dan maknai di hari ini kiranya membawa kita untuk mengenang kembali dan melihat wajah Kabupaten Teluk Bintuni di masa lalu,” ucapnya.

    Kasihiw juga menyinggung soal pandemi Covid-19 yang walau sudah makin melemah, tetapi hingga kini masih dirasakan dampaknya.

    Untuk itulah, tema sentral dalam peringatan HUT ke-19 Teluk Bintuni kali ini adalah Tingkatkan Kebersamaan dan Etos Kerja, Pulihkan Ekonomi. Hal inipun sejalan dengan
    visi Teluk Bintuni 2021-2024, yaitu Mewujudkan Masyarakat Teluk Bintuni yang Damai, Maju, Produktif, dan Berdaya Saing.

    Baca juga:  Pembangunan RS Babo Raya Dimulai, Kasihiw: Ini Janji Kampanye Saya

    Kasihiw juga mengingatkan kepada semua bahwa tanpa adanya kebersamaan seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah daerah, TNI/Polri, DPRD sebagai badan legislasi daerah, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, kelompok profesional, dunia usaha, generasi muda, insan pers, dan lain-lain, maka upaya-upaya yang dijalankan tidak akan berhasil dan bermanfaat secara maksimal.

    Pakaian Adat

    Ada pemandangan menarik dalam upacara ini, jajaran kepala OPD tampak mengenakan pakaian adat daerah masing-masing, seperti adat Papua, Bugis-Makasar, Ambon, Toraja, dan Bali.

    Baca juga:  Dinas PUPR Teluk Bintuni: Hasil Kerja TMMD Tak Kalah dengan Proyek Kontraktor

    Bupati sendiri mengenakan setelan jas berwarna biru dongker didampingi istri mengenakan kebaya berwarna putih. Sementara, Wakil Bupati, Maret Kokop, tidak hadir dalam kegiatan ini.

    Usai upacara, Bupati menyerahkan sertifikat tanah kepada KPU Teluk Bintuni, penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 3 ASN dengan pengabdian 30, 20, dan 10 Tahun, serta memberikan plakat daerah kepada sejumlah tamu penting, yakni Wakil Bupati Kaimana, Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Fak-Fak, Ketua MRP Papua Barat, DPR Papua Barat, dan Ketua Imeko Se-Tanah Papua. (LP5/Red)

    Latest articles

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani. Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat...

    More like this

    Yayasan Kasih Rumbai Koteka Apresiasi Dukungan Kapolda PB di Bidang Pendidikan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Kasih Rumbai Koteka Yohanis...

    Lagi, Polres Teluk Bintuni Panen Raya di Kebun Bhayangkari 

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com-Kapolres Teluk Bintuni AKBP Choiruddin Wachid menghadiri panen raya jagung di kebun Bhayangkari...

    Polres Teluk Bintuni Panen Perdana Jagung, Hasilnya Dibagikan ke Masyarakat

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni melakukan panen jagung di kebun Bhayangkari, Senin (5/4/2024). Ini merupakan...