26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Pemilik Ulayat Tolak Tutup PETI dan Tuntut IPR, Ini Respons Bupati Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, angkat bicara merespons perihal pemilik ulayat menolak menutup aktivitas di areal pertambangan tanpa izin (PETI) di Distrik Masni, bahkan menuntut penerbitan izin tambang rakyat (IPR).

    “Tentu kita memberikan dukungan bahwa pertambangan rakyat sangat penting untuk meningkatkan pendapatan.
    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari tidak punya tendensi untuk melarang masyarakat melakukan aktivitas pertambangan,” kata Hermus kepada awak media saat wawancara usai penutupan HKG PKK Manokwari di Auditorium DPD PWKI Papua Barat, Kamis (23/6/2022).

    Baca juga:  Peserta Membeludak, Wicom Run 10 K di Manokwari Lebihi Kuota

    Namun, kata Hermus, masyarakat mesti mengerti bahwa sebagai negara hukum, semua langkah dan kebijakan yang diambil haruslah berdasarkan hukum dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. “Yang menjadi persoalan adalah pertambangan yang dilakukan belum ada izin resmi dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat,” tuturnya.

    Baca juga:  Hermus Sambut Kedatangan Tiga Siswa Smansa Manokwari yang Ikuti Ajang Internasional di AS

    Hermus juga mengungkapkan bahwa kawasan lahan yang menjadi tempat aktivitas pertambangan adalah hutan konservasi. Selain itu, kawasan pertambangan juga memanfaatkan bahan-bahan kimia dalam aktivitas pertambangan sehingga mencemari lingkungan sekitar.

    Hermus menekankan bahwa pemerintah akan mencari jalan demi memberikan solusi terbaik. Ia pun mengimbau kepada pemilik ulayat agar bersabar menanti kebijakan dari pemerintah.

    Baca juga:  Pemkab Teluk Bintuni Sebar Ribuan Bendera Merah Putih ke Kampung-kampung

    “Pemerintah Kabupaten Manokwari sedang berupaya untuk mendapatkan izin pertambangan yang sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku agar mendapat pengawasan. Hasil yang didapatkan bisa dibagi secara baik dengan masyarakat,” bebernya. (LP8/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...

    Antisipasi Kepadatan Arus Balik, 3 Pos Pengamanan Diaktifkan di Kota Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Aparat menempatkan tiga pos pengamanan di dalam Kota Manokwari untuk mengantisipasi kepadatan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...