28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Pekan Depan, Warga Terdampak Pengembangan Bandara Rendani Mulai Didata

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Ketua Tim Percepatan Pembangunan Manokwari, Raymond Yapp, menyampaikan pekan depan akan dimulai pendataan warga terdampak pengembangan Bandar Udara (Bandara) Rendani.

    “Memang dalam proses relokasi masyarakat bukan sesuatu yang mudah karena melibatkan banyak pihak agar tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari. Tim akan melaksanakan rakor sehingga dalam waktu dekat sudah bisa dilakukan pendataan warga,” ujar Yapp usai pertemuan dengan Bupati Manokwari, Hermus Indou, di Kantor Bupati Manokwari, Kamis (16/2/2023).

    Baca juga:  Dewan Dukung Penutupan Sementara Aktivitas Tambang Emas di Waserawi

    Yapp yang juga merupakan Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Papua Barat mengatakan pendataan direncanakan pada Senin pekan depan. Warga yang ada di sekitar bandara, kata dia, bukan hanya pensiunan pegawai bandara, tetapi juga ada masyarakat umum yang bermukim.

    Baca juga:  Belanja Masalah, Pj Gubernur Papua Barat Sidak di PPI Manokwari

    “Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2018, warga yang terdampak pembangunan strategis nasional akan mendapatkan penggantian berupa relokasi atau penggantian biaya yang sudah diatur. Kita juga membutuhkan peran serta dari pemerintah distrik untuk ikut memberikan sosialisasi kepada masyarakat terdampak agar ada persamaan persepsi dari masyarakat,” terangnya.

    Baca juga:  Bupati Manokwari: Kemendagri Segera Keluarkan Kode Distrik Pemekaran

    Nantinya, lanjut dia, masyarakat yang terdampak pembangunan akan mendapatkan haknya, yaitu difasilitasi untuk pemindahan.

    “Untuk relokasi warga merupakan kewenangan Pemda Manokwari. Tim hanya melakukan pendataan maupun penerapan regulasi yang sudah ada. Sedangkan Amdalnya merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan,” ucapnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Gabriel Asem Sambangi Kediaman AFU: Tak Ada Pembicaraan Politik

    0
    SORONG, linkpapua.com- Mantan Bupati Tambrauw Gabriel Asem menemui Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati (AFU) di kediamannya, Sabtu (13/04/2024). Gabriel mengaku pertemuan keduanya hanya...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    Pesan Toleransi dan Persatuan dari LDII

    More like this

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...

    Antisipasi Kepadatan Arus Balik, 3 Pos Pengamanan Diaktifkan di Kota Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Aparat menempatkan tiga pos pengamanan di dalam Kota Manokwari untuk mengantisipasi kepadatan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...