26.4 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Dewan Dukung Penutupan Sementara Aktivitas Tambang Emas di Waserawi

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manokwari mendukung penutupan sementara aktivitas tambang emas di Waserawi hasil kesepakatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari dengan pemilik hak ulayat.

    Wakil Ketua DPRD Manokwari, Bons Rumbruren, mengatakan langkah pemerintah daerah yang meminta penghentian aktivitas disana sebagai solusi. “Aktivitas pertambangan itu, kan, pertambangan liar,” kata dia, Rabu (29/6/2022).

    Baca juga:  Bupati Manokwari Tekankan Pentingnya Masyarakat Punya KTP-el

    Bons menilai sudah semestinya masyarakat dan pemerintah daerah memiliki peran aktif terhadap pertambangan sehingga bisa diurus menjadi pertambangan rakyat yang legal dengan membatasi orang-orang yang bekerja di sana.

    “Sehingga tidak asal saja yang bisa bekerja di sana. Apalagi diinformasikan aktivitas di sana juga melibatkan alat berat,” ucap Bons.

    Baca juga:  Bapemperda DPRD Manokwari: 10 Raperda Akan Dibahas Sepanjang 2023

    Polisiti senior ini menyebut aktivitas ilegal bisa berdampak negatif pada lingkungan di sana. “Memang saat ini kita bisa menikmati emasnya, tetapi tidak diketahui ke depannya seperti apa yang akan merasakan dampak adalah anak cucu. Kita tidak ingin akibat aktivitas saat ini mengakibatkan bencana alam sehingga kita sangat prihatin dengan penambangan ilegal itu,” bebernya.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari Akhirnya Serahkan LKPJ ke DPRD, Sekda: Terlambat karena Sibuk

    Pemkab Manokwari sebelumnya telah bertemu dengan para pemilik hak ulayat dengan menyepakati sejumlah hal, yaitu kegiatan pertambangan untuk sementara dihentikan. Selain itu, dilakukan penataan regulasi dan perjanjian yang terkait dengan usaha pertambangan dalam bentuk pertambangan rakyat dalam wadah koperasi masyarakat. (LP3/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Hermus Indou Harapkan Peran Generasi Muda dalam Mengisi Pembangunan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indou membuka Festival Tamborine Piala Bupati Manokwari tahun 2024 yang...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...