26.4 C
Manokwari
Selasa, Juni 18, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Musrenbang Papua Barat Tetapkan 47 Program Prioritas 2025, Infrastruktur Mendominasi

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat mencatat sedikitnya 47 program masuk dalam skala prioritas RKAPD 2025. Dari seluruh program ini, 17 item masuk dalam skala prioritas pertama.

    Demikian yang disampaikan Kepala Bappeda Pemprov Papua Barat Dance Sangkek pada rapat musrenbang yang digelar di Aston Niu Hotel Manokwari, Senin (29/4/2024). Musrenbang diikuti seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

    Dijelaskan Dance, ada 4 prioritas yang ditetapkan dalam musrenbang untuk RKAPD 2025. Di antaranya prioritas pertama sejumlah 17 program, prioritas kedua 5 program, prioritas ketiga sebanyak 3 program dan prioritas keempat sebanyak 21 program.

    Baca juga:  Pasar Wosi Disuntik Rp13 M, Pemkab Akomodir 741 Pedagang

    Dance Sangkek menuturkan, musrenbaang merupakan forum penting pembangunan perencanaan yang melibatkan partisipasi masyarakat. Musyawarah ini sekaligus merupakan forum akhir dari beberapa rangkaian tahapan-tahapan yang telah di laksanakan.

    “Jumlah program usulan Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam rapat musrenbang berjumlah 47 program dari 190 program prioritas RKAPD Papua Barat tahun 2025,” tambah Dance.

    Baca juga:  Percepat Herd Immunity, TNI dan Polda Papua Barat Kembali Buka Gerai Vaksinasi Gratis

    Dance menjelaskan, program 2025 masih didominasi perbaikan infrastruktur. Adapun tujuan diselenggarakannya musrenbang kata dia ada beberapa poin.

    Pertama yakni menginvestasikan berkas usulan program pembangunan dari tingkat kabupaten ke dalam rencana pembangunan Pemerintah Provinsi Papua Barat. Lalu kedua, menentukan prioritas pembangunan yang sesuai dengan visi dan misi tujuan pembangunan Pemerintah Provinsi Papua Barat.

    “Mengalokasikan sumber daya yang tersedia secara effisien untuk mendukung program dan kegiatan pembangunan. Meningkatkan koordinasi antar Pemerintah Daerah,” jelasnya.

    Baca juga:  Jurus Bupati Hermus Tekan Angka Stunting di Manokwari pada 2024

    Selain itu, musrenbang juga memastikan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan untuk mencapai pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

    “Output yang diharapkan dalam penyelenggaraan program musrenbang yakni menghasilkan integrasi usulan pembangunan dan prioritas pembangunan yang kiranya mampu meningkatkan kualitas sinergi Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan juga Pemerintah Pusat,” paparnya. (LP/13Red).

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan...

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama ribuan jemaah di lapangan Kodim 1801/Manokwari, Senin...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan Keteladanan Nabi Ibrahim

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445...

    Kurban di Masjid Nurul Qolbi Manokwari, Momen Pererat Silaturahmi Umat Beragama

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Jemaah Masjid Nurul Qolbi Amban Permai, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, melaksanakan...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Alumni Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Manokwari menyalurkan hewan kurban berupa sapi di sekolah...