26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Kapolda Papua Barat: Tambang Emas Tempat Korban Bekerja Sedang Diselidiki

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing menjenguk korban kecelakaan maut yang dirawat di di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Manokwari, Kamis (14/4/2022). Empat korban luka dirawat di RSAL.

    Kapolda menyampaikan duka atas insiden kecelakaan yang menewaskan 18 orang itu. Ia mengaku prihatin dan menurutnya ini harus menjadi evaluasi bersama.

    “Insiden kemarin menjadi evaluasi bersama bagaimana kecelakaan tunggal itu terjadi. Karena seharusnya truk itu memuat barang bukan orang,” ujar Tornagogo.

    Baca juga:  Siswa Jadi Korban Perundungan, Bupati Manokwari Bakal Evaluasi Seluruh Kepsek dan Guru

    Ia mengungkapkan, kepolisian akan melakukan rekonstruksi melalui traffict acident analys untuk mengetahui situasi saat itu termasuk kondisi sopirnya. Kondisi cuaca dan muatannya.

    “Hasilnya itu yang kami masih tunggu,” ujarnya.

    Terkait status para korban yang merupakan pekerja tambang emas di Pegunungan Arfak, Tornagogo mengaku akan berkoordinasi dengan pemda setempat. Ia menyebut banyak hal yang terkait dalam kecelakaan ini. Termasuk tambang emas tempat para korban ditampung.

    Baca juga:  Tegaskan Tak Ada Tambahan Kuota Bintara, Kapolda PB: Selidiki Oknum yang Janjikan Kelulusan

    “Itu merupakan pertambangan skala kecil yang dikerjakan oleh individu sehingga tempat yang dipilih jauh dan sulit terjangkau. Akibat penambangan itu juga berdampak ke persoalan lingkungan. Nah ini jadi konsen kita juga untuk diselidiki,” jelasnya.

    Menurut Tornagogo, seandainya dalam aktivitas itu menggunakan mercury maka tentu merusak lingkungan. Polisi akan menyelidiki kemungkinan itu dan mengambil langkah penegakan hukum berkaitan dengan lingkungan hidup.

    Baca juga:  Wakili Papua Barat di Ajang Putri Indonesia 2024, Annisa Thesia Banjir Dukungan

    Tornagogo berharap kejadian ini menjadi pelajaran bersama agar tidak terulang kembali.

    Saat ini 11 orang masih menjalani perawatan. Di antaranya di RSAL Manokwari terdapat 4 korban , di RSUD Papua Barat terdapat 5 korban dan 2 orang di RS Pratama Warmare. (LP3/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota Sorong

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada...

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah 

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...