26.4 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Hari Ini, 3.000 Warga Muhammadiyah Papua Barat Gelar Salat Iduladha

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Sekitar 3.000 warga Muhammadiyah di seluruh Papua Barat akan melaksanakan salat Iduladha 1443 Hijriah/2022 Masehi, Sabtu (9/7/2022). Ini berdasarkan maklumat dari Pengurus Pusat Muhammadiyah terkait pelaksanaan salat id pada 10 Zulhijah atau 9 Juli.

    Salat akan digelar di Manokwari, Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Sorong Selatan, Fakfak, Teluk Bintuni.

    “Untuk Kabupaten Manokwari dipusatkan di depan kampus STKIP Arfai, kemudian di Sorong kota di Kampus UMS, sedangkan di Kabupaten Sorong berlokasi di Aimas,” kata
    Ketua Umum Muhammadiyah Papua Barat, Mulyadi Djaya, Jumat (8/7/2022).

    Baca juga:  Sapi Kurban Jokowi Bobot 1,04 Ton di Papua Barat Diserahkan Pj Gubernur di Kota Sorong

    Selain itu, kata dia, salat id dipusatkan di kampus dan sekolah serta kompleks warga Muhammadiyah. Mulyadi sendiri akan menjadi khatib salat id di Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan.

    “Untuk Manokwari imam salat id dipimpin oleh Ustaz Wardi Nabi, sedangkan khatib salat id dipimpin Ustaz Jamil Manilet,” ucapnya.

    Mulyadi mengatakan untuk pemotongan hewan kurban, Muhammadiyah tetap mengikuti pemerintah. Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan salat Iduladha 1443 Hijriah jatuh pada Minggu (10/7/2022).

    “Kita hanya melaksanakan salat id di hari yang beda, tapi pemotongan hewan kurban tetap dilaksanakan sama dengan pemerintah,” tuturnya. Hewan kurban dari warga Muhammadiyah Papua Barat sekitar 30 ekor sapi.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari Kurban 100 Ekor Sapi

    Mulyadi berharap pelaksanaan salat id yang digelar warga Muhammadiyah berlangsung aman dan penuh kekeluargaan.

    “Mari kita jaga persatuan dan kesatuan meski ada perbedaan. Yang menarik saya kira teman-teman yang melaksanakan salat pada hari Minggu ikut membantu menjaga ketertiban pelaksanaan salat warga Muhammadiyah besok pukul 07.00 WIT secara serentak,” tuturnya.

    Baca juga:  Pj Gubernur Ali Baham Puji Kontribusi Muhammadiyah di Bidang Pendidikan-Teknologi

    Sementara, Ketua Muhammadiyah Manokwari, Imam Muslih, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Manokwari dalam rangka pengamanan pelaksanaan salay id di Kampus STKIP Muhammadiyah di dekat Jalan Poros Arfai.

    “Iya, kita sudah lakukan koordinasi dan pemberitahuan kepada Polres Manokwari. Tadi juga sempat Polres berkoordinasi dengan kita,” kata Imam Muslih.

    Dia mengatakan, untuk di Manokwari sekitar lima ekor sapi sebagai hewan kurban. “Besok akan dilakukan pemotongan di tempat yang berbeda, di RPH satu ekor, di Wosi dan Makalow,” ucapnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...