28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Hadiri Ekspose SMKN 3 Manokwari, Bupati Hermus: Di Sini Kita Cetak Skill Hebat

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – SMKN 3 Manokwari menggelar ekspose bertajuk Expo to Explore, Selasa (16/5/2023). Ajang ini menjadi wadah bagi sekolah memperkenalkan keahlian untuk menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan.

    Dalam kesempatan tersebut hadir Bupati Manokwari Hermus Indou dan beberapa komponen pendidikan. Hermus mengatakan, sekolah kejuruan adalah solusi menghadapi era industrialisasi.

    “Karena itu SDM sekolah kejuruan disiapkan
    menghadapi tantangan. Dari sini kita harus melahirkan anak anak yang siap dengan skill hebatl,” ucapnya.

    Hermus juga berharap siswa SMK dapat menjadi generasi yang produktif dan membantu pemda dalam menghadapi pembangunan. Secara kompetensial, jebolan SMK memang disiapkan untuk menghadapi dunia kerja atau menciptakan lapangan kerja sehingga mengurangi pengangguran.

    Baca juga:  KPK Periksa 8 Saksi Terkait Kasus Suap Yan Piet Mosso, Ada Eks Bupati Tambrauw

    “Sekolah ini merupakan aset bersama yang harus diperhatikan dan dikembangkan menjadi industri pendidikan yang memadai. Menghadapi era globalisasi yang penuh tantangan setiap daerah harus menghasilkan SDM yang berkompetensi baik. Dengan menghasilkan SDM yang baik maka pasti kita bersaing dengan daerah lainnya. Nah SMKN 3 salah satu lokomotif kita mencetak generasi unggul,” ungkap Hermus.

    Baca juga:  Al-Azzam Juara, Hermus Dukung BKPRMI Cup Jadi Turnamen Tahunan

    Ke depan kata Hermus, SMKN 3 tak boleh jalan sendiri. Harus ada kegiatan bersama yang juga melibatkan sekolah-sekolah kejuruan yang ada di Manokwari.

    Kepala SMK N 3 Manokwari Raymond Pattikawa di hadapan bupati mengungkapkan, SMKN 3 merupakan sekolah unggulan pertama di Manokwari. Sekolah ini ditopang oleh fasilitas memadai.

    “Di sekolah ini ada 3 program keahlian, yaitu keahlian pariwisata dan perhotelan, keahlian ekonomi kreatif dan keahlian kehutanan. Dari pusat sudah memberikan kemudahan bagi siswa untuk masuk ke sekolah ini karena sudah disediakan ruangan maupun peralatan yang menunjang aktivitas belajar siswa. Sekolah kejuruan menjadi solusi bagi siswa untuk langsung bekerja atau berwirausaha,” ujar Raymond.

    Baca juga:  Peringati HKG PKK, Dasawisma Manokwari Pamerkan Produk Unggulan

    Kabid SMA/SMK Dinas Pendidikan Manokwari Ricky Rissamasu mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh SMKN 3. Menurutnya, expo merupakan bagian yang harus dilaksanakan oleh sekolah kejuruan untuk memperkenalkan kompetensi keahlian. Pasalnya dunia industri membutuhkan SDM yang sudah siap di dunia usaha. (LP3/Red)

    Latest articles

    Gabriel Asem Sambangi Kediaman AFU: Tak Ada Pembicaraan Politik

    0
    SORONG, linkpapua.com- Mantan Bupati Tambrauw Gabriel Asem menemui Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati (AFU) di kediamannya, Sabtu (13/04/2024). Gabriel mengaku pertemuan keduanya hanya...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    Pesan Toleransi dan Persatuan dari LDII

    More like this

    Overstay, Imigrasi Sorong Deportasi Seorang WNA Asal Amerika Serikat

    SORONG, linkpapua.com- Seorang pemuda warga negara Amerika Serikat berisnisial TMM dideportasi oleh Kantor Imigrasi...

    Safari Ramadan di Masjid Agung Akbar Bintuni, Ali Baham Sampaikan Pesan Toleransi

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Barat Ali Baham Temongmere melakukan safari Ramadan...

    Giliran Bendahara Disnakertrans Papua Barat Ditetapkan Tersangka, Langsung Ditahan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kejaksaan Tinggi Papua Barat menetapkan Bendahara Pengeluaran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi...