25.9 C
Manokwari
Kamis, April 18, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    DPRK Manokwari Kebut 19 Ranperda Tahun ini, Ada Soal Miras

    Published on

    MANOKWARI, linkapapua.com- DPRK Manokwari menetapkan 19 rancangan peraturan daerah (ranperda) yang akan dibahas sepanjang 2022. Ranperda ini masuk dalam prioritas dan diharapkan bisa kelar tahun ini.

    Penetapan ranperda tersebut melalui Rapat Paripurna DPRK Manokwari masa sidang II tahun 2022 yang digelar Rabu (25/5/2022) di Gedung DPRK Manokwari.

    Salah satu ranperda yang akan dibahas adalah Ranperda Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol. Ranperda ini adalah usulan pemerintah daerah.

    Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRK Kabupaten Manokwari Masrawi Ariyanto menyampaikan, ranperda yang ditetapkan merupakan usulan dari Pemda Manokwari dan inisiatif DPRK. Ranperda ini kemudian dilakukan kajian bersama untuk dimasukkan dalam Propemperda 2022.

    Baca juga:  Komisi C DPRD Manokwari Soroti Rendahnya Kualitas Pekerjaan Tahun Anggaran 2022

    Daftar prioritas rancangan peraturan daerah yang telah disepakati di bapemperda terdiri dari 8 ranperda inisiatif DPRK. 8 ranperda itu yakni
    Ranperda tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan, Ranperda tentang sistem keolahragaan di Kabupaten Manokwari, Ranperda tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat, Ranperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan dan Ranperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

    Selanjutnya ada Ranperda tentang
    Penyelenggaraan Perlindungan dan p
    Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, Ranperda tentang Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Lokal dan Ranperda tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik.

    Sementara itu ada 11 ranperda usulan pemerintah daerah yaitu, Ranperda tentang Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir, Ranperda tentang Pajak Daerah, Ranperda tentang Retribusi Daerah, Ranperda tentang PT Mambruk Karya Kandiri (peseroda), Ranperda tentang Pengendalian Minuman Beralkohol, Ranperda tentang Retribusi Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol, Ranperda tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung dan Ranperda tentang Pemekaran Distrik Warmare Distrik Prafi, Distrik Masni serta Distrik Manokwari Utara dan Distrik Aimasi, Distrik Mokwam, Distrik Masni Utara, Distrik Wasirawi serta Distrik Moruj Mega wilayah Kabupaten Manokwari.

    Baca juga:  545 Guru Kini Jadi PPPK, Suriyati Faisal: Tidak Ada Istilah Malas-malasan Lagi

    Termasuk pula Ranperda tentang Kabupaten Layak Anak, Ranperda tentang Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Ranperda tentang Retribusi Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing.

    Baca juga:  Bagikan Ribuan Kilo Daging Kurban, LDII Papua Barat: Semoga Jadi Ladang Pahala

    Dikatakan politisi PKS itu, dalam pembentukan produk hukum daerah yang optimal, pada prinsipnya perda dibuat untuk menjadi payung hukum dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Perda harus berdasarkan suatu metode yang baku dan pasti.

    Selain itu kata Masrawi, diperlukan tatanan yang tertib dalam penyusunannya, mulai dari tahap perencanaan hingga tahap pengesahan.

    “Terkait hal tersebut maka dibutuhkan penetapan kebijakan daerah untuk menjadi pedoman yang legalitas untuk lebih memberikan kepastian hukum dan melindungi hak-hak warga masyarakat Kabupaten Manokwari,”ungkapnya.(LP3/Red)

    Latest articles

    Gabriel Asem 2 Periode Pimpin Tambrauw: Pejuang Infrakstruktur hingga Pelopor Konservasi

    0
    TAMBRAUW,linkpapua.com- Bupati Tambrauw periode 2011-2022, Gabriel Asem menoreh banyak karya monumental selama dua periode kepemimpinannya. Ia dikenal sebagai pejuang infrastruktur hingga pelopor konservasi di...

    More like this

    Gabriel Asem 2 Periode Pimpin Tambrauw: Pejuang Infrakstruktur hingga Pelopor Konservasi

    TAMBRAUW,linkpapua.com- Bupati Tambrauw periode 2011-2022, Gabriel Asem menoreh banyak karya monumental selama dua periode...

    Forkoda PP DOB Minta Calon Kepala Daerah di Tanah Papua Wajib Tes DNA

    JAKARTA, linkpapua.com - Ketua Forum Komunikasi Daerah untuk Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkoda...

    KPU Gelar Rapat, Bahas Tahapan Pilkada Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- KPU Papua Barat menggelar rapat koordinasi bersama seluruh komisioner KPU kabupaten se-Papua Barat...