Rabu, Desember 7, 2022
25.2 C
Manokwari
25.2 C
Manokwari
Rabu, Desember 7, 2022

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Digelar Tiga Hari, Puluhan UMKM Ramaikan Pameran Dekranasda Manokwari

MANOKWARI, Linkpapua.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Manokwari menggelar pameran usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) yang mulai berlangsung di Manokwari City Mall (MCM), Senin (31/10/2022). Pameran ini rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-124 Kota Manokwari.

Ketua panitia, Immanuel Pangaribuan, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari dalam pengembangan sumber daya pengrajin dan meningkatkan daya saing produk pengrajin agar makin unggul.

“Diharapkan produk UMKM dapat lebih dikenal dan diminati konsumen sehingga peluang pasar semakin terbuka. Dalam pameran ini diikuti oleh 22 kelompok,” kata Immanuel.

Ketua Dekranasda Manokwari, Febelina Indou, menjelaskan ini merupakan langkah awal setelah kepengurusan Dekranasda Manokwari dilantik. Selain itu, sebagai bukti partisipasi Dekranasda dalam menyambut HUT Kota Manokwari.

“Diharapkan meningkatkan SDM (sumber daya manusia) pengrajin melalui regenarasi pengrajin dan meningkatkan daya saing. Perlu keberpihakan dari pemda di bidang seni kerajinan agar dapat dimasukkan sebagai ekskul sekolah. Untuk mencapai itu, Dekranasda bekerja sama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan daya saing produk di Manokwari. Ini bisa menjadi agenda rutin Dekranasda Manokwari,” ujar Febelina.

Baca juga:  Wabup Edi Budoyo: Harus Lahir Tenaga Terampil untuk Tekan Pengangguran
Baca juga:  Wabup Edi Budoyo: Harus Lahir Tenaga Terampil untuk Tekan Pengangguran

Sementara, Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengungkapkan pihaknya menyambut baik event-event seperti ini. Kegiatan seperti ini, kata dia, berdampak positif pada UMKM.

“Dalam bulan bakti gotong royong pemda bekerja sama dengan berbagai pihak. Pengrajin yang terlibat memiliki peran dalam membangun Manokwari. Pengrajin di Manokwari harus siap berkompetisi dengan daerah lain. Manokwari punya hasil kerajinan yang harus memenuhi permintaan pasar dan dapat meningkatkan income per kapita. Dengan begitu, dapat mengurangi ketergantungan kita dari daerah lain,” ungkap Hermus.

Selain pameran UMKM juga digelar lomba dance kontemporer dan lomba vocal group yang diikuti oleh 13 kelompok. Pameran akan digelar selama tiga hari hingga 2 November 2022 nanti. (LP3/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here