26.6 C
Manokwari
Senin, April 15, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Digelar Tiga Hari, Puluhan UMKM Ramaikan Pameran Dekranasda Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Manokwari menggelar pameran usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) yang mulai berlangsung di Manokwari City Mall (MCM), Senin (31/10/2022). Pameran ini rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-124 Kota Manokwari.

    Ketua panitia, Immanuel Pangaribuan, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari dalam pengembangan sumber daya pengrajin dan meningkatkan daya saing produk pengrajin agar makin unggul.

    “Diharapkan produk UMKM dapat lebih dikenal dan diminati konsumen sehingga peluang pasar semakin terbuka. Dalam pameran ini diikuti oleh 22 kelompok,” kata Immanuel.

    Baca juga:  Akses Jalan Pami-Wosi Diharapkan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Manokwari

    Ketua Dekranasda Manokwari, Febelina Indou, menjelaskan ini merupakan langkah awal setelah kepengurusan Dekranasda Manokwari dilantik. Selain itu, sebagai bukti partisipasi Dekranasda dalam menyambut HUT Kota Manokwari.

    “Diharapkan meningkatkan SDM (sumber daya manusia) pengrajin melalui regenarasi pengrajin dan meningkatkan daya saing. Perlu keberpihakan dari pemda di bidang seni kerajinan agar dapat dimasukkan sebagai ekskul sekolah. Untuk mencapai itu, Dekranasda bekerja sama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan daya saing produk di Manokwari. Ini bisa menjadi agenda rutin Dekranasda Manokwari,” ujar Febelina.

    Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat Gercep Tangani Banjir-Longsor di Sorong

    Sementara, Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengungkapkan pihaknya menyambut baik event-event seperti ini. Kegiatan seperti ini, kata dia, berdampak positif pada UMKM.

    “Dalam bulan bakti gotong royong pemda bekerja sama dengan berbagai pihak. Pengrajin yang terlibat memiliki peran dalam membangun Manokwari. Pengrajin di Manokwari harus siap berkompetisi dengan daerah lain. Manokwari punya hasil kerajinan yang harus memenuhi permintaan pasar dan dapat meningkatkan income per kapita. Dengan begitu, dapat mengurangi ketergantungan kita dari daerah lain,” ungkap Hermus.

    Baca juga:  Hermus Buka Festival Teluk Doreh, Rangkaian Peringatan HUT Manokwari Dimulai

    Selain pameran UMKM juga digelar lomba dance kontemporer dan lomba vocal group yang diikuti oleh 13 kelompok. Pameran akan digelar selama tiga hari hingga 2 November 2022 nanti. (LP3/Red)

    Latest articles

    Kapolda Papua Barat Angkat Bicara Soal Insiden Oknum TNI-Polri di Kota...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pasca adanya perselisihan yang terjadi antara oknum TNI-Polri di Pelabuhan Kota Sorong pada hari Minggu (14/4/2024) Pagi, pimpinan dari institusi tersebut menjelaskan penyebab...

    More like this

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    MANOKWARI, Linkpapua.com- KPU Kabupaten Manokwari telah mengumumkan hasil audit Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana...

    Antisipasi Kepadatan Arus Balik, 3 Pos Pengamanan Diaktifkan di Kota Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Aparat menempatkan tiga pos pengamanan di dalam Kota Manokwari untuk mengantisipasi kepadatan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...