27 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
27 C
Manokwari
More

    DAP Wondama Minta Parpol Prioritaskan Caleg OAP di Pileg 2024

    Published on

    WASIOR, linkpapua.com-Dewan Adat Papua (DAP) Daerah Wondama menuntut partai politik memberi porsi lebih kepada putra-putri daerah asli Wondama dalam penjaringan calon anggota legislatif 2024. Keterwakilan OAP di partai politik adalah amanat UU Otsus.

    “Rekrutmen calon anggota legislator (caleg) kita harapkan mengutamakan keterwakilan orang asli Papua terutama putra putri Wondama. Keterwakilan di parpol adalah amanat UU Otsus,” ujar Ketua DAP Daerah Wondama Adrian Worengga pada peringatan ulang tahun ke-1 DAP Daerah Wondama di Sekretariat DAP di Wondiboi, Kabupaten Teluk Wondama, pekan lalu.

    Baca juga:  Paskibraka Mansel Makin Matangkan Persiapan, Latihan Intensif di Lapangan Garuda Ransiki

    Menurut Adrian, Pemilu 2024 adalah momentum kebangkitan OAP di kancah politik. Inilah saatnya hak-hak politik OAP disalurkan lewat keterwakilan di parlemen.

    “Jangan orang Wondama kehilangan hak politiknya pada 2024 nanti. Karena UU Otsus pasal 28 ayat 3 yang berbunyi partai politik harus mengutamakan orang Papua untuk duduk di dalam kursi DPRD,“ kata

    Baca juga:  Golkar Raja Ampat Optimistis Kunci Kursi Ketua DPRD di Pileg 2024

    Worengga berharap dengan keterlibatan orang asli Wondama, maka parlemen akan lebih merepresentasi aspirasi OAP. Ia menyebut, orang Wondama sudah harus jadi tuan rumah di negeri sendiri.

    “Ini perintah UU (Otsus). Sehingga momen 2024 nanti mari kita saling menghargai dan menghormati sehingga orang Wondama juga punya bagian ada di dalamnya. Orang Wondama itu baik, kita punya toleransi. Kita bisa atur pembagian kursi itu yang penting kita orang yang punya rumah,“ ujar Worengga.

    Baca juga:  Kebakaran Hebat Landa Krooy, Pemadam Kewalahan Jinakkan Api

    Di DPRD Teluk Wondama untuk Pileg 2024 dari jalur pemilihan masih tetap sama seperti Pileg 2019 yakni 20 kursi. Namun dengan berlakunya UU Nomor 2 tahun 2021, Teluk Wondama mendapatkan jatah 5 kursi tambahan dari jalur pengangkatan sehingga menjadi 25 kursi. (LP9/red) 

    Latest articles

    Pemkab Teluk Bintuni Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan 59 ekor sapi kurban dalam rangka Lebaran Idul Adha 1445 H/2024 M. Penyerahan dilakukan Wakil...

    More like this

    Pemkab Teluk Bintuni Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan 59 ekor sapi kurban dalam...

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan...

    Hadiri Penamatan SD YPPK Santa Sisilia, Hermus Sampaikan Pentingnya Pendidikan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SD YPPK Santa Sisilia Manokwari menggelar penamatan bagi siswa kelas VI pada...