27.4 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Bupati Manokwari: Pemkab Siapkan Anggaran Catam Sesuai Kemampuan Daerah

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengatakan penganggaran penerimaan calon tamtama (catam) melalui jalur afirmasi Kabupaten Manokwari sudah sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

    “Kita tadi sudah memberikan pemahaman di mana seleksi casis (calon siswa) ini sepenuhnya menjadi kewenangan Kodam (XVIII/Kasuari). Kita pemda (pemerintah daerah) hanya menyiapkan anggaran sesuai dengan kemampuan keuangan daerah untuk membiayai,” kata Hermus kepada wartawan usai menemui casis tamtama yang belum lolos di Ruang Sasana Karya, Kantor Bupati Manokwari, Sabtu (22/10/2022).

    Baca juga:  Turnamen Sepak Bola HUT Kota Manokwari, Hermus Serukan Junjung Sportivitas

    Hermus sudah memberikan penjelasan terkait kemampuan daerah untuk membiayai casis tamtama asal Manokwari yang akan mengikuti pendidikan sebagai calon tamtama di Kodam XVIII/Kasuari.

    “Yang dapat dan lolos harus bersyukur dan yang belum dapat bersabar karena Tuhan pasti merencanakan yang lain,” ucapnya. Kata dia, mereka yang belum lolos datang secara baik dan menerima pemahaman yang diberikan oleh pemda.

    Baca juga:  Kapolda Papua Barat Tegaskan Penanganan Covid-19 Mesti dengan Cara Luar Biasa

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari sendiri menganggarkan kurang lebih Rp1 miliar untuk penerimaan catam di wilayah Kodam XVIII/Kasuari. Anggaran tersebut bersumber dari dana otonomi khusus (otsus) untuk penerimaan 20 catam.

    Anggaran ini juga dilakukan pemerintah kabupaten/kota lain di papua Barat. Tiap daerah memiliki porsi sendiri-sendiri.

    Untuk 2022 ini, Kodam XVIII/Kasuari melakukan penerimaan catam afirmasi sebanyak 250 orang. Jumlah ini disesuaikan dengan kemampuan daerah untuk melakukan pembiayaan.

    Baca juga:  Bawaslu Manokwari Dapat Hibah 19 Miliar dari Pemkab Manokwari

    Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dan kabupaten/kota telah menandatangani berita acara kaitan penerimaan calon anggota TNI AD di lingkungan Kodam XVIII/Kasuari yang rencananya dilaksanakan pada 20 Oktober.

    Dari total 250 catam yang akan diterima, tiap daerah mendapatkan kuota rata-rata sebanyak 19 orang, kecuali Manokwari, Kabupaten Sorong, dan Kota Sorong mendapatkan kuota 20 orang. (LP9/Red)

    Latest articles

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    0
    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar memperhatikan keuangan MRPBD. Sebab posisi MRPBD hari ini sangat strategis...

    More like this

    Persiapan Pilkada Serentak 2024, KPU Manokwari Mulai Perekrutan Penyelenggara Ad hoc

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari dalam kesiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak...

    Hermus Indou Puji Kontribusi LDII Bagi Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Manokwari menggelar Silaturohim Syawal pada Sabtu...

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase...