25.8 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Y20 Diharap Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Gelaran side event Youth Twenty (Y20) mulai berlangsung di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Sabtu malam (18/6/2022). Pelaksanaannya diharapkan memberi energi positif terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif bagi kalangan pemuda.

    Hal inipun sejalan dengan program prioritas Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, menindaklanjuti amanah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan perhatian kepada pelaku usaha, termasuk kalangan pemuda.

    “Sekarang ini menjadi harapan besar Pak Presiden untuk kita pemerintah daerah itu harus melihat dengan sungguh tentang pertumbuhan dari UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah). Saya akan buat peraturan gubernur terkait produk lokal orang asli Papua,” kata Waterpauw pada gelaran event Woman 20 (W20), beberapa waktu lalu.

    Baca juga:  Dinas Kehutanan PB akan Serahkan Aset ke PBD, 194 Pegawai Ikut Diplot

    Hal tersebut pun menjadi penekanan Staf Khusus Presiden asal Papua, Billy Mambrasar, usai pembukaan Y20. Dia menilai ekonomi kreatif Papua dan Papua Barat punya potensi. Hanya, memang butuh dukungan berbagai pihak.

    Baca juga:  Papua Barat Masih 10 Besar Inflasi Tertinggi, Waterpauw Ajak Kepala Daerah Bergerak Bersama

    “Bukan anak Papua tidak bisa, tetapi tidak tahu akses untuk menjual, bagaimana jejaring dengan teman-teman dari luar. Event malam ini bagaimana anak-anak Papua dengan percaya diri bisa berinteraksi dengan berbagai daerah dan Internasional,” ucapnya.

    Dia melanjutkan, kehadiran Y20 turut membuka jalan, jejaring, dan mengembangkan produk yang nantinya dipasarkan di luar Papua sembari mempromosikan potensi Papua secara nasional maupun Internasional.

    Baca juga:  Kodam dan SMA Taruna Kasuari Nusantara Tanam Bibit Mangrove di Pulau Raimuti

    Dia berharap langkah ini harus disambut baik pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi. “Jadi saya berharap sekali pemda kedua Provinsi Papua Barat dan Papua, kabupaten/kota, agar memperhatikan kemampuan anak Papua,” tuturnya.

    “Mereka punya kemampuan, mereka punya talenta dan produksi yang telah terbaik. Apabila pemda tidak memberikan akses permodalan, pasar, pelatihan, dan pendampingan, maka ini tidak akan terwujud. Mimpi mereka berada di level nasional hingga internasional,” pungkasnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...