25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari
More

    Papua Barat Masih 10 Besar Inflasi Tertinggi, Waterpauw Ajak Kepala Daerah Bergerak Bersama

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, memimpin High-Level Meeting (HLM) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Papua Barat, Selasa (12/9/2023).

    Pertemuan yang digelar di Swiss Belhotel Manokwari ini dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua Barat, Kepala BPS Papua Barat, serta pimpinan-pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat. Selain itu, kepala daerah dari seluruh Papua Barat juga turut berpartisipasi dalam pertemuan ini secara virtual.

    Baca juga:  HUT Sumpah Pemuda, Pj Sekda PB Dorong Generasi Muda Rebut Masa Depan

    Waterpauw, yang juga menjabat sebagai Ketua TPID Papua Barat, mengungkapkan keprihatinannya terkait fakta bahwa Papua Barat saat ini masih masuk dalam 10 besar daerah dengan tingkat inflasi tertinggi di Indonesia.

    “Papua Barat masih menjadi daerah dengan angka inflasi yang cukup tinggi di Indonesia. Berdasarkan rapat bersama yang dipimpin Presiden (Joko Widodo), tentu ini memprihatinkan. Inflasi berbanding lurus dengan angka kemiskinan dan stunting. Untuk menekan angkat stunting perlu upaya bersama semua pihak termasuk sektor swasta,” ungkap Waterpauw.

    Baca juga:  KRI Teluk Wondama Tiba di Wasior, Mambor: Kado Spesial HUT Wondama ke-20

    Waterpauw juga mengajak para kepala daerah mengoptimalkan lahan yang ada di wilayah masing-masing dengan menanam jenis pangan lokal. Ini dianggap sebagai langkah antisipatif menghadapi potensi krisis pangan di masa depan.

    “Kepala-kepala daerah harus kerahkan masyarakat untuk gencarkan menanam padi atau pangan lokal. Ini penting jika terjadi krisis pangan setidaknya potensi lokal kita sudah siap. Manfaatkan setiap lahan yang ada. Masyarakat juga harus mengubah cara berpikir, jangan selalu berharap ke pemerintah daerah, harus mandiri,” ucapnya.

    Baca juga:  Buka Bersama di Kampung, Momentum SKK Migas Sosialisasi Kinerja Perusahaan

    BPS Papua Barat sebelumnya mencatat gabungan dua kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Papua Barat Agustus 2023 mengalami inflasi year on year (yoy) 4,40 persen dengan IHK 115,87. (LP3/Red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...