26.3 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Waterpauw Minta Pj Bupati Maybrat Pulangkan Pengungsi Insiden KKB

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, meminta kepada Pj Bupati Maybrat, Bernhard E. Rondonuwu, agar dapat mengembalikan warga yang selama ini mengungsi akibat insiden yang melibatkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) beberapa waktu lalu.

    “Penjabat Bupati Maybrat dapat mengembalikan warga di sejumlah distrik yang selama ini mengungsi agar dapat kembali ke rumahnya masing-masing. Ini penting agar aktivitas masyarakat bisa kembali normal karena akibat mengungsi banyak anak-anak yang tidak bisa bersekolah karena ikut orang tuanya,” ujar Waterpauw usai melantik tiga penjabat kepala daerah di Papua Barat, Selasa (23/8/2022).

    Baca juga:  Serapan Anggaran Pemprov Papua Barat Semester I 2023 Baru 25 Persen

    Mantan Kapolda Papua itu juga meminta agar seluruh perangkat, termasuk Polda Papua Barat, Kodam XVIII/Kasuari, serta jajaran lainnya membantu Pj Bupati Maybrat dalam proses pemulangan warga yang masih mengungsi.

    “Ada kelompok siluman yang mengklaim diri pemilik tanah Papua mencoba mempengaruhi warga lokal sehingga menyebabkan kecemasan. Ini menjadi tugas yang harus menjadi perhatian dari penjabat bupati selain tugas-tugas utama lainnya,” tambahnya.

    Dia juga meminta agar penjabat bupati dapat menjalin komunikasi dengan tokoh pemuda, tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat selama melaksanakan tugasnya.

    Baca juga:  Penandatanganan KUA-PPAS RAPBD 2023 Tunggu Pj Gubernur Papua Barat

    Termasuk Pj Bupati Maybrat, ada tiga penjabat kepala daerah yang dilantik hari ini, yakni Pj Wali Kota Sorong dan Pj Bupati Sorong.

    Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendagri Nomor: 131-92-5119 tanggal 19 Agustus 2022 menunjuk Yanpit Mosso yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Papua Barat ditugaskan sebagai Penjabat Bupati Sorong menggantikan Johny Kamuru- Sukoharjono, yang berakhir masa jabatannya Senin 22 Agustus 2022.

    Baca juga:  Waterpauw Minta OPD Serahkan Paket Pengadaan Barang-Jasa Sebelum Lebaran

    Kemudian, berdasarkan SK Mendagri Nomor: 131-92-5120 tanggal 19 Agustus 2022 menugaskan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua Barat, George Yarangga, sebagai Pj Wali Kota Sorong menggantikan Lambertus Jitmau-Pahima Iskandar.

    Lalu, berdasarkan SK Mendagri Nomor: 131-92- 5146 tanggal 22 Agustus 2022 menugaskan Direktur Satuan Polisi Pamong Praja dan Linmas Kemendagri Bernhard E. Rondonuwu, sebagai Pj Bupati Maybrat melanjutkan tugas kepala daerah yang ditinggalkan Bernard Sagrim-Markus Jitmau. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani. Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat...

    More like this

    Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Feny Maya Paisey mengatakan, tren kasus DBD...

    Pemprov Papua Barat Segera Gelar Forum OPD dan Pra-Musrenbang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar apel perdana pascalibur Idul Fitri, Jumat (19/4/2024)....

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...