26.3 C
Manokwari
Rabu, Juli 24, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Serapan Anggaran Pemprov Papua Barat Semester I 2023 Baru 25 Persen

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Serapan anggaran Pemerintah Provinsi Papua (Pemprov) Barat semester I 2023 baru mencapai 25 persen dari total anggaran yang dialokasikan.

    Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Papua Barat, Melkias Werinussa, mengatakan angka itu berdasarkan laporan yang diterimanya dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Papua Barat. Menurutnya, serapan anggaran 25 persen angka yang sangat rendah.

    “Angka yang sangat rendah. Berulang kali saya sampaikan bahwa penyerapan anggaran ini penting karena di Papua Barat hanya ada dua investor besar, yaitu LNG dan Conch,” ungkap Melkias saat memimpin apel di halaman Kantor Gubernur Papua Barat, Jumat (28/7/2022).

    Baca juga:  Pesparani Katolik Nasional II: Papua Barat Sabet 6 Gold

    Menurutnya, percepatan pelaksanaan belanja pemerintah sangatlah penting. Hal ini akan berdampak pada perputaran uang yang pada gilirannya dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di Papua Barat.

    Baca juga:  Gandeng Komisi VII, SKK Migas Salurkan Bantuan Covid-19 di Ambon

    Werinussa meminta agar organisasi perangkat daerah (OPD) teknis pengelola anggaran segera mendorong program-program rutin seperti diklat dan lainnya.

    Selain itu, program-program yang bersifat lelang dan penunjukan langsung juga harus segera dilaksanakan melalui biro pengadaan barang dan jasa.

    Ia juga menginginkan agar proses lelang kegiatan dipercepat oleh OPD. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi perubahan jadwal kegiatan karena rendahnya serapan anggaran, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kegiatan tertunda hingga akhir tahun seperti yang terjadi 2022 lalu.

    Baca juga:  Waterpauw Dorong Peran Parpol dalam Pembangunan Bangsa di Rakerda-Rapimda Golkar Papua Barat

    “Khusus anggaran perubahan, Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) sudah menyampaikan kepada seluruh pimpinan OPD. Mereka sudah memberikan kesempatan kepada saya, jika tidak mengajukan perubahan anggaran, anggap saja tidak melakukan perubahan. Sesuai jadwal kita jalankan tanpa perlu menunggu lebih lama,” bebernya. (LP9/Red)

    Latest articles

    PKS Usung Utayoh Jilid II di Fakfak

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung calon kepala daerah Fakfak Untung Tamsil- Yohana Hindom (Utayoh) pada pilkada serentak 27 November mendatang....

    More like this

    PKS Usung Utayoh Jilid II di Fakfak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung calon kepala daerah Fakfak Untung...

    Tegas! DAP Dukung Orgenes Wonggor jadi Ketua DPR PB 2024-2029

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dukungan kepada Orgenes Wonggor untuk kembali duduk sebagai Ketua DPR Papua Barat...

    P2TIM-TB Kukuhkan 96 Siswa, Diharap Siap Hadapi Persaingan Global

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Pusat Pelatihan Teknik Industri dan Migas Teluk Bintuni (P2TIM-TB) mengukuhkan 96 siswa...