Jumat, Desember 2, 2022
26.5 C
Manokwari
26.5 C
Manokwari
Jumat, Desember 2, 2022

Indonesia COVID-19 Statistics

156,717
Total Kematian
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
14,516
Total Kasus Aktif
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am
6,080,451
Total Kasus Terkorfirmasi
Updated on Monday, 27 June 2022, 10:37 10:37 am

Usulan Penambahan Kuota BBM, Senator Papua Barat Minta Pengawasan Distribusi Jadi Perhatian

MANOKWARI, Linkpapua.com – Penambahan kuota BBM jadi wacana hangat di tengah antrean yang kerap terjadi di SPBU di Manokwari maupun beberapa daerah di Papua Barat. Antrean ditengarai terjadi karena stok dan kebutuhan BBM yang tidak seimbang.

Hal itu juga mendapat sorotan dari anggota DPD RI perwakilan Papua Barat, Mamberob Yosephus Rumakiek. Menurutnya, selain penambahan kuota, yang juga perlu menjadi perhatian adalah pengawasan distribusi BBM tersebut.

“Memang kondisi ini menjadi krisis global terlebih adanya wacana kenaikan harga BBM, tetapi salah satu persoalannya adalah kuotanya. Dalam beberapa kali rapat dengan Kementrian ESDM maupun Pertamina ini sudah saya sampaikan agar ada penambahan kuota atau penambahan SPBU di daerah-daerah. Tetapi, bagi saya yang tidak kalah penting juga adalah pengawasan distribusinya,” ujar Mamberob, Kamis (1/9/2022).

Baca juga:  Hasil RDP DPRD Manokwari, Sepakat Usulkan Penambahan Kuota BBM
Baca juga:  Pedagang-Nelayan Pasar Ikan Sanggeng Mogok Jualan, Minta Kuota BBM Ditambah

Diduga ada praktik-praktik penyalahgunaan BBM bersubsidi yang seharusnya untuk penggunaan nonindustri justru digunakan untuk keperluan industri.

“Dalam proses distribusi harus dipastikan bahwa distribusi BBM subsidi memang diperuntukkan bagi yang berhak. Karena akibat antrean BBM tentu sangat berpengaruh pada masyarakat karena mereka menghabiskan banyak waktu untuk antre BBM. Apalagi kendaraan-kendaraan pengangkut logistik sehingga bisa berdampak ke kelangkaan barang ujung-ujungnya menyebabkan inflasi,” jelas dia.

Menurutnya, berapa pun stok yang disiapkan jika tidak diimbangi dengan pengawasan akan berpotensi menyebabkan keterbatasan stok BBM. Sejumlah upaya untuk meminimalkan penyalahgunaan BBM subsidi yang dilakukan Pertamina termasuk menggunakan aplikasi My Pertamina belum efektif dalam pemenuhan kebutuhan BBM. (LP3/Red)

Latest news
Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here