27.9 C
Manokwari
Selasa, Februari 27, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Komite I DPD RI Kunjungi Papua Barat Bahas Pelaksanaan UU Otsus

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Delegasi Komite I DPD RI melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Selasa (31/1/2023).

    Kunker ini dalam rangka inventarisasi materi kekhususan Papua Barat sebagai bahan penyusunan Rancanangan Undang-Undang (RUU) tentang perubahan Undang-Undang (UU) DKI Jakarta dan evaluasi pelaksanaan UU Otonomi Khusus (Otsus) Papua berkaitan penegakan hak-hak masyarakat adat Papua.

    Dalam pertemuan ini juga dihadiri seluruh kepala daerah di Papua Barat, Ketua DPR Papua Barat, Ketua MRP Papua Barat, unsur TNI/Polri, serta Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua Barat.

    Baca juga:  Senator Papua Barat Minta Bus Eks PON Dibagikan ke Daerah-daerah

    Kunker dipimpin Wakil Ketua DPD RI Provinsi Maluku, Nono Sampono, Wakil Ketua Komite I DPD RI Papua Barat, Filep Wamafma, dan rombongan Komite I DPD RI dari beberapa perwakilan provinsi.

    Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, memaparkan secara singkat kondisi Papua Barat dan pasca pemekaran Provinsi Papua Barat Daya.

    Baca juga:  Penuhi Panggilan Kepolisian, Rektor Unipa Dicecar Pertanyaan Selama 1 Jam

    “Situasi di Papua Barat aman terkendali. Saat ini kita mempersiapkan HUT Pekabaran Injil di tanah Papua dan persiapan sudah dimantapkan karena direncanakan akan dihadiri Wakil Presiden (Ma’ruf Amin), namun kehadirannya belum ada kepastian,” kata Waterpauw.

    Dia juga mengaku sudah melakukan komunikasi dengan KPU dan Bawaslu dalam rangka persiapan Pemilu 2024 mendatang.

    Baca juga:  Baliho Balon DPD RI Bertebaran, Ini Tanggapan Bawaslu Papua Barat

    Sementara, Wakil Ketua DPD RI Maluku, Nono Sampono, mengatakan salah satu tugas DPD RI adalah membuat, menyusun, merevisi, dan mengevaluasi RUU yang akan dibuat.

    “Dalam hal ini tentu memerlukan masukan-masukan sehingga apa yang dihasilkan benar-benar sesuai tahapan dari daerah dan tugas DPD bagaimana memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah,” ujarnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Hermus Indou Impikan Mall Pelayanan Publik di Manokwari

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pemerintah kabupaten Manokwari menerima Piagam Penghargaan Penilian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Tahun 2023 dari Ombudsman RI. Penghargaan tersebut diserahkan langsung...

    More like this

    Lantik 64 Kepsek-Pengawas, Bupati Hermus: Kerja dengan Baik, ini Amanah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou melantik dan mengukuhkan pejabat fungsional pengawas dan kepala...

    Forum Masyarakat SAIRERI Usul Keterwakilan OAP di DPR RI dari Jalur Afirmasi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ketua Forum Masyarakat SAIRERI, Derek Ampnir mengatakan, untuk mencegah konflik pasca-Pemilu 2024,...

    Mahasiswa Geruduk Kantor Bawaslu Papua Barat, Tuntut Tindakan Tegas Pelanggaran Pemilu

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan massa yang terbagung dalam Solidaritas Mahasiswa Hukum Manokwari mendatangi kantor Badan...