25.8 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Sikemot, Upaya Polres Teluk Bintuni Tekan Angka Lakalantas di Kalangan Pelajar

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Polres Teluk Bintuni punya upaya sendiri menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di kalangan pelajar. Ada gerakan kampanye Sikemot yang merupakan akronim dari Stop Siswa Pakai Motor.

    Merupakan rangkaian Operasi Zebra Mansinam 2022, Satlantas Polres Teluk Bintuni bersama sejumlah perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Teluk Bintuni menggelar deklarasi Sikemot di pelataran Mapolres Teluk Bintuni. Senin (10/10/2022).

    Kapolres Teluk Bintuni, AKBP Junov Siregar, mengatakan Sikemot bertujuan memberikan edukasi kepada pelajar yang belum cukup umur dalam penggunaan kendaraan bermotor.

    Baca juga:  Satlantas Polres Manokwari Upayakan Buka Blokir Jalan di Sidey

    “Saya sayang sama adik-adik. Tingkat emosional yang masih labil, belum mengetahui cara berkendara yang baik, dan sejumlah peraturan yang ada belum di ketahui,” kata Junov.

    Junov berpesan agar orang tua atau wali murid dan guru-guru dapat mengawasi dan tidak memberikan fasilitas kendaraan serta melarang anak-anak yang belum cukup umur menggunakan kendaraan bermotor.

    “Awal dari kecelakaan adalah pelanggaran, seperti tidak memiliki SIM dan lainnya,” tuturnya. Selain itu, diharapkan kepada pemerintah daerah dapat memberikan fasilitas kendaraan antar dan jemput bagi siswa-siswi.

    Baca juga:  Bersama PTA Papua Barat, Matret Kokop Tinjau Lokasi Kantor Pengadilan Agama Teluk Bintuni

    Selain deklarasi Sikemot, ada pula sosialisasi tertib berlalu lintas yang Kasatlantas Polres Teluk Bintuni, Ipda Pasha Aditya Nugraha.

    “Kegiatan deklarasi Sikemot ini pertama kalinya digagas oleh Satlantas Polres Teluk Bintuni,” sebutnya.

    Pasha menekankan bahwa anak di bawah umur belum memenuhi syarat menggunakan kendaraan bermotor, kemampuan fisik yang belum memadai, serta kesepian mental yang belum matang.

    Di Teluk Bintuni, kata dia, sepanjang 2022 ini lakalantas yang melibatkan pelajar sebanyak 14 kali. Dari jumlah itu, 1 orang meninggal dunia, 3 luka berat, dan 10 luka ringan.

    Baca juga:  Razia, Polres Teluk Bintuni Sita Ratusan Botol Minol

    Salah seorang guru, Eni Usmardiyana, mengucapkan banyak terima kasih atas gerakan yang telah dicanangkan Satlantas Polres Teluk Bintuni.

    “Semoga ini menjadi catatan penting bagi kami dari pihak sekolah dan tentunya akan meneruskannya kepada para wali murid siswa-siswi,” ujarnya.

    Turut hadir pada kesempatan ini perwakilan Dinas Perhubungan Teluk Bintuni, perwakilan Jasa Raharja, dan perwakilan guru dan siswa-siswi sekolah. (LP5/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Polres Teluk Bintuni Panen Perdana Jagung, Hasilnya Dibagikan ke Masyarakat

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Polres Teluk Bintuni melakukan panen jagung di kebun Bhayangkari, Senin (5/4/2024). Ini merupakan...

    Mediasi Kelar, Pemilihan Kepala Kampung Sara Teluk Bintuni Segera Digelar

    TELUK BINTUNI,Linkpapua.com - Polres Teluk Bintuni memediasi permasalahan antara Kepala Distrik Kaitaro Feky Feneteruma...

    Irigasi Jebol, Kampung Waraitama Teluk Bintuni Kembali Terendam Banjir

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa pekan lalu menyebabkan jebolnya irigasi di...