25.8 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    Produk Pangan Pegaf Bisa Tembus LNG Tangguh, Wonggor: Peluang Ini Harus Ditangkap

    Published on

    PEGAR, LinkPapua.com – Potensi tanaman pangan dan hortikultura di Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Papua Barat, cukup menjanjikan. Jika pemerintah bisa memberi intervensi, pangan akan menjadi sumber pendapatan paling potensial.

    Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor, mengatakan kehadiran perusahaan-perusahaan besar di Papua Barat setidaknya merupakan akses untuk bisa mengelola potensi-potensi yang ada di kabupaten/kota. Yang pada gilirannya akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan daerah.

    “Misalnya di Pegunungan Arfak dengan potensi sayuran diharapkan bisa masuk ke  LNG Tangguh. Kalau bisa kerja sama dengan pemprov dan pemda Pegaf untuk mengambil sayur-sayuran tersebut,” ujar Wonggor, Minggu (5/2/2023).

    Baca juga:  15 Raperda PB Kelar, Raperdasi RTRW Dipending, Tunggu Izin Kemendagri

    Wonggor mengaku telah mendorong pengelolaan potensi tanaman pangan dan hortikultura di Pegaf dalam sebuah pertemuan di Jakarta. Pertemuan itu melibatkan Pj Gubernur Papua Barat, DPR Papua Barat, dan pihak BP Tangguh, baru-baru ini.

    “Mereka juga respons positif untuk hal ini. Tetapi, sebenarnya menurut penjelasan pihak BP, mereka alami kendala di sektor transportasi. Persoalan transportasi ini memang harus menjadi tanggung jawab pemerintah untuk siapkan supaya bisa hasil produksi sayur-sayuran di Pegaf diangkut dan didistribusikan ke daerah lain,” kata Wonggor.

    Baca juga:  DPR Papua Barat Ancam Tempuh Jalur Hukum Terkait Raibnya Perabot Rujab Gubernur

    Hal terpenting, kata Wonggor, adalah menjaga kualitas dan keberlanjutan produktivitas. Menurutnya, potensi sayur-sayuran di Pegaf mesti dijamin kualitas serta hasil produksinya agar bisa menjawab permintaan BP Tangguh.

    “Juga kualitas dari sayur-sayuran harus diperhatikan dan dijaga supaya secara kontinu kebutuhan sayur-sayuran BP Tangguh bisa dipenuhi,” ucapnya berpesan.

    Baca juga:  Hari Kartini, 12 Perempuan Papua Barat Raih Award Nasional

    Wonggor mengaku akan mengomunikasikan peluang kerja sama tersebut dengan Pemda Pegaf. Ia siap memberi solusi bagaimana memulai kerja sama antara Pemda Pegaf dengan BP Tangguh.

    “Ini peluang yang sangat bagus dan harus bisa disambut oleh Pemda Pegaf untuk dikomunikasikan lebih lanjut degan BP Tangguh. Peluang ini luar biasa, pemerintah daerah harus memainkan peran dalam potensi ini supaya bisa dibangun kerja sama,” pungkasnya. (LP2/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119 jadi 1.203

    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua...

    Wujudkan Program JKN, Pj Gubernur Ali Baham Minta Dukungan OPD

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere meminta seluruh OPD mendukung...

    HPSN 2024, Pj Gubernur Ali Baham Soroti Sampah Plastik di Teluk Sawaibu: Butuh Penanganan Bersama

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memimpin apel gabungan dalam rangka...