28.6 C
Manokwari
Minggu, April 14, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Pemprov Papua Barat Rencana Bangun Situs Sejarah Misi Katolik di Fakfak

    Published on

    FAKFAK, LinkPapua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat berencana membangun situs sejarah tentang misi Katolik di lokasi pendaratan misionaris Pater Cornelius Le Cocq d’Armandville SJ di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

    Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, saat menghadiri perayaan peringatan misi Katolik masuk di tanah Papua ke-129 tahun di Fakfak, Selasa (23/5/2023). Perayaan dirangkaikan peletakan batu pertama pembangunan tugu misionaris Pater Cornelis Le Cocq d’Armandville SJ.

    Baca juga:  Progres Lahan Ketahanan Pangan, Kadis TPHP Papua Barat: Pembersihan dan Pembibitan

    Waterpauw dalam sambutannya mengaku terharu menyaksikan langsung prosesi perayaan peringatan misi Katolik yang tidak hanya dilakukan umat Katolik, tetapi ada keterlibatan masyarakat muslim.

    “Saya sesungguhnya terharu, ya. Sebelumnya saya sudah tahu dan mendengar tentang masuknya Katolik di Fakfak, tepatnya di Kampung Sekru. Hari ini saya dapat menyaksikan langsung bagaimana toleransi itu dapat terjadi di sini,” ujar Waterpauw.

    Baca juga:  Plt di Pemprov PB Jabat Lebihi Batas Waktu, Ombudsman: Menabrak Aturan

    Waterpauw juga berjanji pihaknya akan mendiskusikan bersama para uskup dan pastor serta pihak legislatif dan eksekutif di Fakfak untuk menyusun sebuah konsep pembangunan situs sejarah tentang misi Katolik di lokasi pendaratan misionaris Pater Cornelis Le Cocq d’Armandville SJ.

    Baca juga:  Di Kasuari Open 10 K, Waterpauw Bicara Ultahnya ke-60 dan Dedikasi pada Negeri

    “Kita nanti konsepkan bersama tentang pembangunan situs Misi Katolik di tanah Papua, di Kampung kita di Sekru, di Kampung Brongkendik, dan Pulau Bone,” ungkapnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah  Tambrauw

    0
    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw resmi membuka tahapan penjaringan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil...

    KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    More like this

    DPC PDI Perjuangan Tambrauw Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah  Tambrauw

    TAMBRAUW, Linkpapua.com- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Kabupaten Tambrauw...

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Gabriel Asem Sambangi Kediaman AFU: Tak Ada Pembicaraan Politik

    SORONG, linkpapua.com- Mantan Bupati Tambrauw Gabriel Asem menemui Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati...