26.3 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Pemkab Manokwari Bangun 769 Los Pasar Sanggeng Sementara, Ini Empat Titik Lokasinya

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari mulai membangun 769 los Pasar Sanggeng sementara. Los dibangun di empat titik lokasi. Los ini akan ditempati para pedagang sebelum pembangunan Pasar Sanggeng empat lantai pada awal 2023 nanti.

    Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Perindakop) Manokwari, Jan Ayomi, mengatakan Pasar Sanggeng sudah 30 tahun tidak dilakukan renovasi secara fisik. Bangunannya, kata dia, perlu dilakukan revitalisasi karena sangat membahayakan dan rawan kecelakaan.

    “Pasar Sanggeng sementara yang akan dibangun bagi para pedagang Pasar Sanggeng sebanyak 769 ruang, baik itu kios dan los hamparan,” kata Jan dalam acara pembangunan pasar sementara bagi pedagang Pasar Sanggeng, Kamis (17/11/2022).

    Dari hasil komunikasi Bupati Manokwari, Hermus Indou, dalam membangun konsolidasi dan koordinasi dengan pemerintah pusat pada 2021 lalu, mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

    Baca juga:  PSI Manokwari Bentuk 2 Komite Kerja Jelang Verifikasi

    Pembangunan Pasar Sanggeng, kata Jan, juga hasil perjuangan Bupati Manokwari pada 2022 ini bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat. Usai pertemuan dengan Kementerian PUPR, mendapat restu bahwa Pasar Sanggeng akan dibangun dengan anggaran Rp180 miliar.

    Jan menjelaskan, lokasi los Pasar Sanggeng sementara yang pertama yaitu Jalan Percetakan Negara sebanyak 143 kios dengan ukuran bervariasi. Lokasi kedua adalah Taman Besi di belakang perbankan sebanyak 68 kios dan 524 tenda serta 44 tenda bagi pedagang kuliner.

    Baca juga:  Bawaslu Manokwari : Pengawas TPS Garda Terdepan Proses Pemungutan Suara  

    Lokasi ketiga yakni Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Padarni, Pasar Borobudur, akan difungsikan untuk 34 pedagang kios.

    Sisanya akan ditempatkan di lokasi keempat yakni di seputaran Bumi Marina. Pemerintah akan memfasilitasi untuk membuka lokasi sementara. Tempat ini dipergunakan bagi pedagang yang berasal dari Pantura, Amban, dan sekitarnya.

    Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengajak masyarakat untuk mendukung pembangunan Pasar Sanggeng. Kehadirannya nanti diharapkan membawa Manokwari menjadi kota yang kompetitif, maju, dan modern.

    “Manokwari harus lebih maju dari kota-kota lain di Papua dan secara khusus Provinsi Papua Barat. Visi misi kami untuk memajukan Manokwari sebagai kota bersama yang maju, modern, aman, dan sejahtera kita wujudkan secara bersama-sama,” kata Hermus.

    Baca juga:  Sekda Manokwari Terima Aspirasi Massa Pemilik Hak Wilayat Lokasi Tambang Waserawi

    Hermus menyampaikan, pembangunan Pasar Sanggeng bukan semata untuk pedagang. Kehadirannya juga untuk seluruh masyarakat Manokwari demi pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

    “Pasar ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk seluruh masyarakat di Manokwari. Jadi, kalau kita bangun pasar bagus yang menikmati pasar, kan, tidak hanya para pedagang, tapi seluruh masyarakat di Manokwari,” tuturnya.

    Hermus menginginkan agar pasar baru nantinya dapat berfungsi secara kompetitif untuk mewadahi seluruh pedagang.

    Dia berharap pembangunan pasar sementara dapat selesai pada Desember 2022 sehingga dapat segera dipergunakan. Pasalnya, pada awal 2023 mendatang sudah akan dimulai penghancuran pasar lama. Untuk pasar baru sendiri, pembangunannya diprediksi selesai satu tahun enam bulan. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase jalan menuju bandara Rendani. Disampaikannya, Pemda Manokwari dan Pemprov Papua Barat...

    More like this

    Pemkab dan Pemprov Siapkan Ganti Rugi Warga Terdampak Alihtrase Rendani

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Jumat(19/4/2024) menggelar pertemuan dengan warga terdampak pembangunan alihtrase...

    Rela Pensiun Dini, Dominggus Rumadas Siap Maju Jadi Calon Bupati Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Salah satu putera Doreri, Dominggus Rumadas memutuskan untuk maju sebagai bakal calon...

    Hermus Serahkan DPA 2024, Targetkan Peningkatan Perekonomian Daerah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Memasuki triwulan kedua tahun 2024, Bupati Manokwari Hermus Indou akhirnya menyerahkan Dokumen...