28.2 C
Manokwari
Selasa, April 23, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Papua Barat Alami Silpa Rp1 Triliun Lebih pada Perubahan APBD 2022

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Dalam materi Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua barat mengalami sisa lebih pembiayaan (Silpa) Rp1.112.438.465.302.

    Hal ini disampaikan Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, dalam sidang paripurna penyerahan materi KUPA-PPAS yang dipimpin Wakil Ketua I DPR Papua Barat, Ranley Lolando Mansawan, di salah satu hotel di Manokwari, Senin (26/9/2022).

    Baca juga:  Waterpauw Tunjuk Jasat Kadarusman Jadi Plt. Sekretaris DPR Papua Barat

    Kata Mansawan, penyerahan materi KUPA-PPAS Papua Barat sangat mengalami keterlambatan yang seharusnya sudah diserahkan pada Juli, tetapi baru diserahkan pada September.

    “Pembahasan sangat mengalami keterlambatan dan materi KUA-PPAS baru diserahkan bulan September beberapa waktu lalu yang seharusnya diserahkan pada bulan Juli. DPR juga beberapa telah menyurati ke eksekutif untuk segera menyerahkan materi KUA-PPAS untuk dilakukan pembahasan,” tuturnya.

    Baca juga:  Seleksi Casis Polri, Polda Papua Barat: Waspadai Calo yang Janjikan Kelulusan

    Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, menjelaskan pendapatan Pemprov Papua Barat pada KUPA-PPAS RAPBD 2022 sebesar Rp7.118.831.589.214.

    Sementara, belanja Pemprov Papua Barat pada perubahan diperkirakan sebesar Rp8.231.270.054.516 sehingga sisa lebih pembiayaan (Silpa) Papua barat Rp1.112.438.465.302.

    Baca juga:  DPR Papua Barat Jadwalkan Penetapan APBD-P 10 Oktober

    “Pendapatan Papua Barat mengalami peningkatan sebesar 22,61 persen dari APBD induk 2022, sementara belanja mengalami kenaikan 21 persen dari belanja induk 2022,” paparnya.

    Dia berharap pemerintah dan DPR melakukan evaluasi dan penyesuaian APBD untuk tahun anggaran tersisa sehingga anggaran dapat berjalan efektif dan efisien. (LP9/Red)

    Latest articles

    Selamat! Petrus Kasihiw Raih Gelar Doktor Lingkungan di Unipa

    0
    MANOKWARI,LinkPapua.com- Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw berhasil meraih gelar doktor bidang lingkungan usai menjalani ujian promosi di Universitas Papua, Selasa (23/42024). Petrus Kasihiw mempertahankan...

    More like this

    Bappeda Papua Barat Gelar FPD: Kemiskinan Ekstrem – Stunting Turun  

    MANOKWARI, linkpapua.com- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Barat menggelar rapat Forum Perangkat Daerah...

    LDII Ajak Lawan Krisis Plastik dan Budaya Hidup Bersih Dalam Peringatan Hari Bumi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam momentum peringatan Hari yang digelar Setiap 22 April dimana Pada 2024, Hari...

    Pj Gubernur Ali Baham Puji Wamena: Anak Mudanya sampai ke Rusia-Jepang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri rapat kerja gubernur se-Tanah...