25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Operasi Ketupat Dimulai 28 April, Polres Manokwari Siapkan 5 Pos Pam

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Operasi Ketupat Mansinam 2022 akan dimulai, Kamis 28 April lusa. Polres Manokwari menyiapkan 5 pos pengamanan (Pam) dan fokus pada sejumlah areal vital.

    Kapolres Manokwari AKBP Parasian H Gultom mengingatkan jajarannya mempersiapkan segala sesuatu menghadapi agenda tahunan ini. Menurutnya, Operasi Ketupat memiliki misi penting.

    “Operasi Ketupat akan dilakukan pada 28 April hingga 9 Mei mendatang dan diawali dengan kegiatan latihan pra operasi,” ujar Gultom.

    Dalam pelaksanaan tugas nanti, pinta dia, seluruh personel harus sama-sama saling mendukung. Operasi ini membutuhkan kerja kerja kolektif personel.

    Baca juga:  Hunting System, Satlantas Polres Manokwari Tindak 11 Pelanggaran

    Gultom mengingatkan, perwira pengendali dalam operasi ini juga punya tugas ganda. Selain mengontrol pengamanan, juga bertugas memberi laporan ke Polda Papua Barat dan ke Mabes setiap saat.

    Data data terkait Operasi Ketupat harus bisa diinventarisir secara lengkap. Kata Gultom, tim was ops akan melakukan kunjungan ke Polres Manokwari dan harus disajikan data pelaporan operasi.

    “Kepada seluruh personel terlibat pengamanan nantinya tidak hanya terpaku dengan pemantauan arus lalu lintas melainkan seluruh kegiatan masyarakat dalam masa operasi ini. Seperti kita ketahui bersama saat ini kebijakan pemerintah dalam pembatasan kegiatan masyarakat sudah mulai dilonggarkan,” jelasnya.

    Baca juga:  Ketua DPR Papua Barat Imbau Masyarakat Prioritaskan Mediasi daripada Pemalangan Jalan

    Untuk itu lanjut Gultom, saat hari H Lebaran ataupun pasca Idul Fitri personel harus fokus pada beberapa objel vital.

    “Di antara titik yang harus jadi perhatian adalah tempat-tempat wisata. Di mana tempat tersebut nantinya dapat menimbulkan keramaian sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi kerawanan bahkan gangguan kamtibmas. Di situlah personel dituntut harus mampu membaca peta kerawanan dalam operasi ini,” jelasnya.

    Baca juga:  Polres Manokwari Tetapkan Tersangka 33 Pekerja Tambang Ilegal, Buru Pemodal

    Pihaknya sendiri menyiapkan 5 pos pengamanan Operasi Ketupat. Dengan rincian 1 pos pengamanan bertempat TL. Sinar Suri, 2 pos pelayanan yakni Manokwari City Mall dan Orchid serta 2 pos terpadu bertempat di kawasan bandara dan pelabuhan laut Manokwari.

    Kapolres juga mengingatkan untuk seluruh personelnya dalam pelaksanaan tugas agar bertanggung jawab sesuai tupoksinya dan selalu menjaga kesehatan selama pelaksanaan tugas. Untuk kegiatan Gelar Pasukan Ops Ketupat Mansinam Tahun 2022 ini direncanakan Polres Manokwari akan dilakukan bersama-sama dengan Polda Papua Barat. (LP3/Red).

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari Gelar Aksi Peduli

    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari...

    Longsor di Distrik Tahota, Kapolres Mansel Pimpin Evakuasi Material yang Tutup Badan Jalan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Longsor terjadi di Kampung Yarmatun, Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, Minggu (14/4/2024)....

    Pertamina Patra Niaga Siapkan Stok Avtur Hadapi Arus Balik Lebaran

    JAYAPURA, Linkpapua.com- Konsumsi avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang mulai naik pada puncak arus...